Tajam, Dipercaya, Independen

Jus Pahit Penurun Kadar Gula Darah

Ilustrasi pare (Pixabay/VitaminaMov)

Jakarta — Banyak orang menganggap bahwa jus tak baik jika dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Bukannya menjadi penurun kadar gula darah, jus justru disebut bakal semakin memperparah kondisi.

Penderita diabetes diharuskan untuk menghindari minuman kaya gula, termasuk jus buah segar. Namun, cerita berbeda akan didapat jika Anda meracik jus dengan resep yang tepat.

Salah satu bahan umum yang ditemukan di sebagian besar resep jus untuk pengidap diabetes adalah pare.

Pare merupakan sayur atau buah unik yang kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal. Pare merupakan bagian dari tanaman Momorcadica charantia, yang merupakan pohon anggur dari keluarga Cucurbitaceae. Tanaman itu dianggap sebagai yang paling pahit di antara semua buah dan sayuran.

Baca Juga : Mengapa Seharusnya Anda Tidak Minum Kopi Instans?

Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan, Asia, sebagian Afrika, dan Karibia. Di Indonesia, pare mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Situs resmi diabetes.co.uk dilansir cnnindonesia.com menyebut, pare mengandung empat bahan penurun kadar gula darah.

Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan khasiat pare untuk menurunkan kadar gula darah. Pusat medis NYU Langone, misalnya, menyebut bahwa jika dikombinasikan dengan pengobatan medis, pare bakal ampuh menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Minyak Kelapa dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Terakhir, penelitian yang dipublikasikan pada 2011 dalam Journal of Ethnopharmacologymenyebutkan, dosis pare 2 ribu miligram setiap hari secara signifikan mengurangi kadar gula darah di antara pasien diabetes tipe 2.

Selain ampuh mengobati diabetes, pare juga biasa digunakan untuk mengatasi sakit perut, demam, terbakar, batuk kronis, menstruasi yang menyakitkan, dan gangguan kondisi kulit.

Mengutip Juicing with G, Anda bisa membuat jus dari dua buah pare utuh. Namun, sebelumnya Anda harus siap dengan rasa pahit yang dihadirkan.

Baca Juga : Lezat untuk Lalapan, Kemangi Ternyata Juga Miliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Untuk sedikit ‘mematikan’ rasa pahit pare, Anda juga bisa mencampur 2 buah pare dengan 1 mentimun dan 1/2 buah lemon. Timun dan lemon dapat sedikit memberikan variasi dari rasa pare yang sangat pahit.

Terakhir, jika resep kedua tak juga cocok di lidah, Anda bisa mencoba resep penurun kadar gula darah lainnya. Sebanyak 2 buah pare dapat Anda campur bersama dengan 1 mentimun, 1/2 lemon, dan 1 apel hijau.

Namun, perlu dicatat, pengidap diabetes tipe-2 direkomendasikan untuk mengonsumsi resep pertama yang terbuat dari jus pare utuh.

Tagged as: ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.