Tajam, Dipercaya, Independen

Kepolisian Malaysia Tahan 4 orang Pelaku dan Rampas Narkotika Senilai RM 2,14 Juta

Ilustrasi

 

KUALA LUMPUR, detikriau.orgKantor Berita BERNAMA mewartakan, Kepolisian setempat menahan empat orang laki-laki serta merampas berbagai jenis narkotika sekira RM 2,14 juta. (Rp 7,2 miliar dengan kurs 3.400)

Keempat laki yang berusia antara 20 – 30 tahunan itu ditahan pada rabu kemaren dalam operasi kepolisian di Ibukota Negara dan Selangor.

Pengarah Jabatan Siasatan Jenayah Narkotik (JSJN) Bukit Aman, Datuk Seri Mohmad Salleh berkata,  dua lelaki berusia sekitar 30-an ditahan di Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur 2 (KLIA2). sedangkan dua laki-laki lainnya yang berusia sekitar 20 tahunan ditahan di sebuah kondominium di kawasan Wangsa Maju.

Dalam siaran persnya, Datuk Seri Mohmad Salleh mengatakan bahwa seluruh  sitaan narkotika didapat saat penggerebekan di dua kondominium yaitu di Taman Industrial Park, Seksyen 13 di Shah Alam dan lokasi parkir kendaraan kondominium di Wangsa Maju.

Narkotika yang berhasil disita berupa bahan asas heroin seberat 19.6 kilogram, heroin seberat 11.8 kilogram, sabu seberat 1.6 kilogram, pil erimin 5 (4.350 butir) serta pil ekstasi (3.380 butir) yang keseluruhannya ditaksir bernilai RM2.14 juta.

Datuk Seri Mohmad Salleh mengatakan, hasil penyelidikan mendapati keseluruhan narkotika itu dibawa masuk dari Negara jiran melalui negeri di pantai timur dan dipercayai bisa dikonsumsi oleh 950.130 pengguna dalam satu waktu.

Mohmad menerangkan, dua lelaki pertama berusia 30-an ditahan di KLIA2 ketika salah seorang dari mereka sedang mengantar istrinya yang akan berangkat ke Luar Negeri. Hasil penyelidikan mendapati seorang diantaranya merupakah residivis kasus yang sama.

Keempat lelaki yang ditahan itu merupakan warga tempatan dan hasil uji urine mendapati mereka negatif narkotika, katanya sambil juga mengatakan bahwa keempatnya akan ditahan dan diancam sanksi mengikut Seksyen 39B Akta Dadah Berbahaya 1952 Malaysia.

Mohmad berkata bahwa polisi juga menyita empat unit kendaraan yakni Mitsubishi Triton, Perodua Myvi, Perodua Kelisa dan kendaraan roda dua merk Yamaha dengan nilai keseluruhan RM130,000.

Sementara itu, Mohmad juga berkata bahwa sebanyak 9,739 orang yang diduga terlibat dalam sindikat pengedar narkotika telah ditahan di seluruh negara dalam periode 1 Januari hingga 16 Januari tahun ini dengan nilai barang rampasan keseluruhan ditaksir sebesar RM32.12 juta.

Dari Total jumlah itu dikatakan Mohmad, sebanyak 9,105 orang adalah warga Negara Malaysia, sedangkan 634 lainnya merupakan Warga Negara Asing.

“Hasil tes urine mendapati 4,608 positif positif narkotika dan polisi juga merampas sabu seberat 598.92 kilogram; ketamin seberat 4.33 kilogram; pil eramin 5 seberat 0.40 kilogram; pil yaba seberat 2.07 kilogram; pil ekstasi seberat 4.63 kilogram; ganja 3.79 kilogram; dan heroin 35.64 kilogram,” katanya.

translator: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.