Tajam, Dipercaya, Independen

Debat Ke-Dua, KPU Pastikan Tak Akan Berikan Kisi-Kisi Soal Kepada Kandidat

Komisioner KPU Wahyu Setiawan. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)

 

JakartaKumparan mewartakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pada debat pilpres kedua, semua pertanyaan yang dibuat oleh panelis tidak akan dibocorkan kepada pasangan calon. Hal ini merupakan evaluasi KPU dari masukan-masukan masyarakat terkait pelaksanaan debat pilpres pertama.

“KPU melakukan evaluasi menyeluruh terkait format dan mekanisme debat berikutnya. Salah satu yang dievaluasi adalah terkait isu pemberitahuan abstraksi kisi-kisi soal kepada kandidat,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan, Sabtu (19/1).

“Sehingga untuk debat berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada kandidat,” imbuhnya.

Menurut Wahyu, debat capres cawapres pertama dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme tampaknya belum sepenuhnya memenuhi harapan publik. Oleh karena itu KPU melakukan evaluasi menyeluruh terkait format dan mekanisme debat untuk perbaikan debat berikutnya.

Sehingga, lanjut Wahyu, keputusan KPU untuk tidak membocorkan soal yang dibuat panelis dalam debat nanti merupakan sikap KPU dalam mengakomodir masukan publik.

“Sebagai pelayan publik dalam bidang kepemiluan, KPU RI terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat,” tutup Wahyu.

Debat pilpres kedua rencananya akan digelar pada Minggu, 17 Februari mendatang dengan tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat pilpres kedua akan digelar di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.