Tajam, Dipercaya, Independen

Berada di Level AWAS, Hari Ini Gunung Sinabung Terjadi 4 Kali Gempa

Gunung Sinabung saat erupsi pada 3 november 2017./ Foto: AFP

 

Detikriau.org – Hari ini, sabtu (19/1/2019), Gunung Api Sinabung terjadi 3 kali gempa hembusan dan 1 kali gempa tektonik jauh. Gunung api yang berada di Provinsi Sumatra Utara dengan ketinggian 2.460 m.dpl itu berada pada tingkat aktivitas level IV (awas) dan mengalami erupsi menerus sejak tahun 2013.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM dalam laporan kebencanaan geologi tanggal 19 januari 2019 menerangkan bahwa dari kemaren hingga pagi ini visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Asap kawah teramati dengan ketinggian 300 m dari atas puncak berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal. Angin bertiup lemah hingga sedang kearah barat dan baratlaut.

Direkomendasikan agar masyarakat/pengunjung agar tidak melakukan aktifitas didalam radius 3 km untuk sektor Utara – Barat, 4 km untuk sektor Selatan – Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, 6 km untuk sektor Tenggara – Timur, serta didalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur.

“untuk masyarakat yang bermukim disepanjang aliran sungai yang berghulu di gunung Sinabung agar mewaspadai banjir lahar terutama saat terjadi hujan lebat.” Peringati PVMBG.

Reporter: Amrul

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.