Tajam, Dipercaya, Independen

Level Waspada, PVMBG Laporkan Gunung Merapi Alami 100 Kali Gempa

Gunung Merapi/ Foto: Net

Detikriau.org – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM dalam laporan kebencanaan geologinya menerangkan Gunung Merapi mengalami 100 kali gempa hasil rekaman seismograf pada tanggal 13 Januari 2019.

Gunung berapi yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu berada pada tingkat level II atau waspada.

“Tingkat aktivitas Level II (waspada). Gunung api Merapi (2968 m. dpl) mengalami erupsi tidak menerus,”sampaikan PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM melalui laman resminya, senin (14/1/2019)

Data kemarin hingga pagi ini ditambahkan, visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut asap, kawah utama teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal setinggi 200 m dari puncak. Angin bertiup lemah kea rah timutlaut dan tenggara.

Dirincikan, melaui rekaman seismograf tanggal 13 januari 2019 tercatat 73 kali gempa guguran, 5 kali gempa Low Frequency, 21 kali gempa hembusan, dan 1 kali gempa tektonik jauh.

PVMBG merekomendasikan kegiatan pendakian untuk sementara tidak direkomendasikan terkecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Kemudian radius 3 km dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk, serta masyarakat yang tinggal di KRB III diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung merapi.

PVMBG juga menerangkan jika terjadi perubahan aktivitas gunung merapi yang signifikan maka status aktivitas gunung merapi akan segera ditinjau kembali.

“Kepada masyarakat juga diimbau agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi gunung merapi yang tidak jelas sumbernya.” Ingatkan PVMBG.

 

Iklan

saran dan informasi pemberitaan untuk detikriau.org kontak email, rajaindragiri@gmail.com atau tinggalkan pesan pada kolom dibawah ini....... salam

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.