Tajam, Dipercaya, Independen

Bupati Inhil Sambut Baik Gelaran Festival Kuliner 2019

Bupati Inhil HM Wardan./ Foto: Humas Setdakab Inhil

Tembilahan, detikriau.org – Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyambut baik gelaran Festival Kuliner 2019 yang diadakan di Taman Kota, Jalan Swarna Bumi, Tembilahan, Minggu (13/1/2019) pagi.

Festival Kuliner 2019 ini ditaja oleh berbagai komunitas di Kabupaten Inhil. Festival Kuliner 2019 disejalankan dengan Car Free Day yang rutin diselenggarakan setiap minggunya.

Pada kegiatan Festival Kuliner 2019 ini, aneka jenis makanan disuguhkan ke hadapan para pengunjung. Bahkan, bukan hanya pengusaha kuliner saja yang menawarkan berbagai jenis makanan olahan, melainkan pedagang parfum, sablon pakaian dan jamu juga turut meramaikan lapak-lapak yang telah tersedia di sana.

Menurut Bupati, komunitas – komunitas yang menginisiasi Festival Kuliner 2019 ini, telah mampu mengisi hari libur generasi muda dengan kegiatan yang produktif.

“Kegiatan ini sangat baik, sangat bagus untuk dikembangkan agar setiap hari minggu ada kegiatan seperti ini,” pungkas Bupati seusai meninjau lapak dagangan.

Bupati menuturkan, penyelenggaraan kegiatan sebagaimana Festival Kuliner 2019 memiliki banyak manfaat, terutama manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Masyarakat yang ada usaha makanan kuliner setiap minggunya dapat memanfaatkan arena dan tempat ini untuk berjualan,” tutur Bupati.

Bupati berkeinginan untuk mengembangkan sisi kepariwisataan dari Festival Kuliner sehingga dapat menjadikan kegiatan tersebut menjadi sebuah destinasi wisata kuliner yang diadakan setiap minggu.

“Tentunya masyarakat yang berkunjung ke Inhil dapat terkesan dengan menikmati aneka macam kuliner. Mudah-mudahan kegiatannya dapat berkembang,” papar Bupati.

Bupati meminta kepada instansi terkait, yakni Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Inhil agar mengorganisir secara baik kegiatan Festival Kuliner tersebut sehingga masing – masing komunitas dapat tampil secara bergilir setiap minggunya.

Dalam Festival Kuliner 2019, didapati pula adanya lapak buku. Di sana terlihat cukup ramai pengunjung yang menyinggahi dan sejenak membaca buku.

Tentunya perilaku positif dari para pengunjung tersebut, menuai pujian dari Bupati Inhil yang melihatnya. Bupati juga mengapresiasi gagasan dibukanya lapak buku pada Festival Kuliner. Menurutnya, menyantap kuliner yang disediakan, akan dapat terasa lebih nikmat jika dilakukan sambil membaca buku.

“Ini juga suatu hal yang baik, dapat menumbuhkembangkan minat baca bagi anak – anak. Semoga dapat dibantu dengan literasi yang lebih banyak lagi nantinya,” ujar Bupati.

Pada momen itu, selain melihat dari sisi manfaat ekonomi, Bupati juga menilai tujuan penggunaan taman kota sebagai tempat rekreasi turut tercapai. Untuk mempertahankan hal itu, menurutnya, yang diperlukan hanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan kawasan sekitar taman kota.

“Semuanya harus mempunyai rasa memiliki. Kedepan, kita akan buat kondisi di sini lebih asri dan hijau sehingga masyarakat yang berkunjung dapat lebih rileks dan menikmati waktu luangnya bersama keluarga,” pungkas Bupati.

Saat kunjungannya ke beberapa spot yang ada di kawasan Car Free Day, Bupati beserta rombongan juga berkesempatan  untuk mencicipi produk-produk yang ditampilkan. Tak hanya itu, Bupati juga sempat mencoba olahraga panahan bersama Komunitas Panahan Kabupaten Inhil yang turut ambil andil dalam Festival Kuliner itu./adv/diskominfops_inhil/*/Ari Permana

Iklan

saran dan informasi pemberitaan untuk detikriau.org kontak email, rajaindragiri@gmail.com atau tinggalkan pesan pada kolom dibawah ini....... salam

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.