Kami sampaikan kabar untuk anda

5 Kondisi Kaki Ini Gambarkan Kesehatan Tubuh Anda

“Tahukah Anda bahwa kondisi kaki berhubungan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan? Baca penjelasannya di sini”

lovemelovemypic/Shutterstock

detikriau.org –  Salah satu cara untuk memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh adalah dengan rutin melakukan cek kesehatan di rumah sakit. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kondisi kesehatan tubuh ternyata juga bisa diperiksa dengan melihat kondisi kaki sendiri?

Ya, penyakit yang sedang menyerang tubuh bisa terdeteksi dari kondisi telapak, jari, kuku, dan punggung kaki Anda. Dilansir klikdokter dari Reader’s Digest, ini dia 5 kondisi kaki dan artinya bagi kesehatan tubuh Anda:

  1. Kaki kering dan bersisik

Kulit kaki yang kering dan bersisik sering diabaikan, karena dianggap bahwa keadaan itu hanya terjadi pada kaki. Apalagi, jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan kerap menginjak area becek karena air deterjen tanpa menggunakan alas kaki.

Tapi, jika Anda sudah melakukan perbaikan dengan cara sering mengoleskan pelembap, melakukan pedikur, menggosok sel kulit mati, dan selalu menggunakan alas kaki saat berkegiatan, bisa jadi permasalahannya bukan pada kulit kaki Anda, melainkan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid itu sendiri mengontrol laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan pengembangan sistem kerangka serta saraf.

Menurut spesialis kaki di Naperville, Illnois bernama Marlene Reid DPM, apabila ada yang kurang beres dari kelenjar tiroid, biasanya tubuh akan memunculkan gejala awal seperti kekeringan parah pada kulit, khususnya di bagian kaki.

“Ketika pelembap tidak membantu mengembalikan kondisi kulit kaki yang kering selama beberapa hari, kami biasanya akan merujuk pasien berobat ke dokter untuk memeriksakan kondisi tiroidnya,” tutur Marlene.

Selain kekeringan pada kulit kaki, kondisi kuku yang rapuh juga bisa mengindikasikan adanya gangguan pada tiroid.

  1. Bisu atau luka di kaki yang tak kunjung sembuh

Coba perhatikan, apakah ada bisul atau luka yang tak sembuh-sembuh di kaki Anda? Jika memang ada, cobalah obati. Apakah kondisinya tak menunjukan perubahan positif? Jika ya, Anda wajib waspada. Sebab, luka di kaki yang tak kunjung sembuh bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit diabetes mellitus.

Faktanya, saat kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik, hal itu dapat merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk sehingga darah tidak mencapai ke kaki. Ketika darah tidak sampai ke luka yang ada di kaki Anda, waktu untuk sembuh pun akan sangat lama.

“Cukup banyak penderita diabetes yang didiagnosis sejak dini hanya dengan memperhatikan kondisi kakinya,” jelas Reid.

3. Kuku kaki mirip sendok

Kuku sendok memang bisa dimiliki oleh bayi dan biasanya akan normal kembali di beberapa tahun pertama kehidupan. Nah, ketika kondisi tersebut tidak membaik hingga dewasa, kemungkinan ada “sesuatu” terkait kesehatan yang sedang terjadi padanya.

Kondisi kuku sendok yang juga dikenal sebagai koilonychias bisa menunjukkan bahwa Anda kekurangan zat besi. Bentuk kuku yang demikian juga bisa menjadi tanda dari penyakit Raynaud atau kondisi yang memengaruhi pasokan darah ke jari tangan dan kaki.

Tak sekadar itu, ada juga yang mengatakan bahwa kuku sendok adalah tanda bahwa Anda terkena lupus atau penyakit autoimun yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh.

4. Ada garis veritikal pada kuku ibu jari kaki

Jika ada garis gelap dan vertikal di bawah kuku ibu jari kaki, bisa jadi itu adalah melanoma acral lentiginous atau melanoma tersembunyi. Hal tersebut bisa jadi tanda dari adanya gejala kanker kulit pada seseorang.

Kendati demikian, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa itu bukanlah jamur kuku. Caranya adalah dengan memperhatikan apakah warnanya kuning kecokelatan dan bersporadis di seluruh kuku.

5. Ada garis merah di bawah kuku kaki

Bila ada garis-garis merah di bawah kuku, hal itu menandakan adanya pembuluh darah yang pecah. Keadaan itu mungkin berhubungan dengan rusaknya kapiler di bawah kuku akibat adanya infeksi pada lapisan dalam jantung (endokarditis).

Apakah ada salah satu kondisi kaki yang sedang Anda alami saat ini? Bila memang ada, jangan tunda lagi untuk berobat ke dokter. Dengan demikian, dokter dapat menentukan diagnosis yang tepat dan memberikan obat yang sesuai untuk mengatasinya. Semakin dini dideteksi dan diobati, kemungkinan penyakit untuk sembuh atau dikendalikan akan semakin besar.

 

Tagged as:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.