Tajam, Dipercaya, Independen

Dibawah Kepemimpinan Amran, PDB Sektor Pertanian Melejit Naik 47 Persen. F-PKB: Ini Keberhasilan Jokowi

Foto: Net

Detikriau.org – Dalam empat tahun terakhir, dibawah kepemimpinan Mentri Amran Sulaiman seluruh program Kementerian Pertanian (Kementan) bertujuan pada satu hal yakni perbaikan kesejahteraan petani.

Tujuannya untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian nasional, sehingga tidak perlu heran tatkala Produk Domestik Bruto (PDB) di sektor pertanian melesat naik 47 persen atau setara Rp 1,375 triliun.

Anggota DPR Fraksi PKB Daniel Johan menilai bahwa pencapaian tersebut merupakan prestasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bidang pertanian.

“Iya ini sangat membanggakan. Ini menjadi salah satu prestasi Presiden Jokowi,” ujar Daniel dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (9/1).

Kementan dibawah kepemimpinan Amran memang kerap memberikan terobosan-terobosan yang baik untuk mendongkrak PDB pertanian. Hasilnya kini, angkanya cukup fantastis dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2013, nilai PDB sektor pertanian Rp 994,8 triliun dan pada tahun 2017 menjadi Rp 1.344,7 triliun atau naik sebesar Rp 350 triliun atau 35,17 persen. Bahkan selama periode 2013-2017, akumulasi tambahan nilai PDB sektor pertanian yang mampu dihasilkan mencapai Rp 1.375 triliun atau naik 47 persen dibandingkan dengan tahun 2013.

Daniel Johan yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR itu mengungkapkan bahwa hal tersebut harus menjadi acuan sekaligus role model ke depan.

“Ke depan yang penting juga bagaimana pertanian harus mewujudkan hilirisasi untuk petani,” imbuhnya.

Dari pencapaian itu, janji Jokowi di tahun 2014 yang berhubungan dengan pertanian telah tertunaikan. Khususnya dalam visi Nawacita yang mencakup poin sektor ekonomi strategis, di mana pertanian termasuk di dalamnya.

“Dalam konteks ini (pertanian), iya janji Pak Jokowi telah tertunaikan,” pungkas Daniel.

Editor: faisal

Iklan

saran dan informasi pemberitaan untuk detikriau.org kontak email, rajaindragiri@gmail.com atau tinggalkan pesan pada kolom dibawah ini....... salam

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.