Kami sampaikan kabar untuk anda

Bupati Inhil Resmikan Pemakaian Gedung PAUD Desa Pekan Kamis

Istri Bupati Inhil Hj Zulaikhah Wardan menggunting pita sebagai tanda diresmikannya pemakaian gedung PAUD. Foto: Diskominfops_inhil

Tembilahan, detikriau.org — Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan meresmikan pemakaian gedung PAUD Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (9/1/2019) siang.

Kedatangan Bupati turut didampingi oleh Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti dan disambut oleh Camat Tembilahan Hulu, Kepala Desa Pekan Kamis serta segenap masyarakat Desa Pekan Kamis.

Bupati mengatakan bahwa gedung yang dibangun oleh Pemerintah Desa Pekan Kamis dan baru saja diresmikan sudah sangat bagus jika dilihat secara fisik. Untuk itu, Bupati mengimbau agar bangunan yang sudah berdiri kokoh itu dapat dimanfaatkan secara baik dan maksimal dalam rangka penyelenggaraan pendidikan.

Bupati Inhil HM Wardan didampingi Wabup Inhil H Syamsuddin Uti membuka selubung papan nama saat peresmian PAUD di Desa Pekan Kamis. Foto: Diskominfops_inhil

Bupati pada kesempatan itu juga tampak sangat memperhatikan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, baik dari sisi kualitas maupun dari sisi kuantitas. Hal ini dapat dilihat dari imbauan yang Dia berikan kepada segenap masyarakat Desa Pekan Kamis agar dapat menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga PAUD yang telah ada.

“Selain fokus pada penambahan jumlah anak didik, PAUD juga harus fokus pada kualitas tenaga pengajar sehingga dapat melahirkan generasi penerus yang berkualitas. Cari guru yang berkompeten,” tukas Bupati.

Tidak hanya sampai disitu, bentuk perhatian lainnya yang diberikan oleh Bupati terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, khususnya kepada lembaga PAUD Desa Pekan Kamis adalah melalui penyaluran bantuan dana Pemerintah Kabupaten yang direncanakan kedepannya.

“Urus izin Bangunan (yang baru saja diresmikan, red) agar bantuan Pemerintah Kabupaten Inhil dapat disalurkan,” imbau Bupati.

Tidak dapat dipungkiri, sejak digulirkannya Gerakan Paudisasi yang menjadi bagian dari program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) di penghujung tahun 2103 silam, Bupati Kabupaten Inhil memang senantiasa berkonsentrasi terhadap tumbuhkembang lembaga PAUD.

Alhasil, berkat upaya keras dan konsistensi dalam pengembangan PAUD tersebut, pada tahun 2018 tercatat pertumbuhan lembaga PAUD di Kabupaten Inhil naik begitu signifikan dengan persentase kenaikan mencapai 200 persen dari yang sebelumnya 153 lembaga PAUD menjadi 474 lembaga PAUD.

Pada aspek jumlah peserta didik, Kabupaten Inhil pun pernah dikukuhkan sebagai salah satu yang terbaik secara nasional. Hal tersebut dapat diukur melalui Angka Partisipasi Kasar atau APK anak 0 sampai dengan 6 tahun yang mengenyam pendidikan di lembaga PAUD.

Tercatat, APK anak 0 sampai dengan 6 tahun PAUD di Kabupaten Inhil pada tahun 2013 hanya berada pada angka 53 persen. Pasca pelaksanaan Gerakan Paudisasi, angka tersebut melejit hingga menyentuh angka 92 persen dari target ideal Pemerintah Pusat sebesar 73 persen./adv/diskominfops_inhil/Ari Permana

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.