Kami sampaikan kabar untuk anda

Mengenal Ikan Gurame dan Cara Budidayanya Mulai Pembenihan Hingga Pembesaran

Foto: Net

detikriau.org — Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merahsawo dan bagian perut berwarnakekuning-kuningan/ keperak-perakan.

Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia.

Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

Gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki prospek pasar yang sangat menjanjikan. Permintaan konsumen akan ikan satu ini tidak pernah surut dengan harga jual yang relative lebih mahal dibandingkan ikan air tawar jenis lainnya.

Namun sebagian petani enggan membudidayakannya karena dinilai memiliki pertumbuhan yang lambat. Tapi sebenarnya jika dibudidaya dengan cara yang benar, masa budidaya gurame bisa dipersingkat dan tentunya mejanjikan keuantungan yang sangat menggiurkan.

Perlu diingat, gurame memiliki pangsa pasar tersendiri untuk setiap usia dan ukurannya.

Berikut simak penjelasannya melalui video dibawah ini:

Categorised in: Video, Yuk Bertani

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.