Kami sampaikan kabar untuk anda

Beternak Kelinci Yuk. Ini Pakan Alami yang Paling Disukainya

Foto: Pixabay

Detikriau.org – Anda memelihara kelinci namun bingung pakan alami apa yang sebenarnya paling disukai kelinci kesayangan? Sejatinya, kelinci termasuk herbivora, artinya binatang ini hanya mau memakan sayur-mayur. Kelinci mengandalkan insting dalam mencari makanan di habitat alaminya.

Dilansir melalui laman pertanianku.com, untuk kelinci yang dipelihara, Anda bisa memberikannya daun, umbi, atau buah dari tanaman sebagai pakan utamanya. Usahakan jemur terlebih dulu sayuran tersebut untuk mengurangi kadar airnya. Bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara kelinci, berikut ini beberapa rekomendasi pakan alami kesukaannya yang bisa Anda berikan.

Rumput timothy

Orang luar negeri biasanya menggunakan rumput timothy sebagai pakan utama kelinci. Rumput timothy sejenis rumput lapangan yang mempunyai ekor kucing di bagian atasnya pada saat berbunga. Rumput ini mengandung serat yang sangat baik bagi pertumbuhan kelinci serta tidak akan menimbulkan efek samping apa pun.

Wortel

Wortel selalu disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk kelinci. Hal itu memang tidak salah karena kelinci benar-benar menyukainya. Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk pertumbuhan kelinci. Sebaiknya Anda mengiris wortel tersebut menjadi potongan-potongan korek api sebelum diberikan kepada kelinci agar ia mudah memakannya.

Daun kangkung

Para penghobi biasanya memberi pakan berupa kangkung kepada kelinci peliharaannya. Kangkung dapat dijumpai dengan mudah di tukang sayur dan harganya pun murah. Sebaiknya Anda menjemur kangkung ini terlebih dahulu sampai kondisinya agak kering. Barulah kemudian Anda bisa memberikannya secara aman kepada kelinci.

Daun singkong

Daun singkong bisa Anda jadikan sebagai makanan selingan bagi kelinci. Daun ini memiliki kandungan vitamin A dan protein nabati yang melimpah. Anda sebaiknya hanya memakai daun singkong yang masih muda agar kelinci mau memakannya.

Daun pepaya

Karena rasanya pahit, sebenarnya kelinci tidak terlalu menyukai daun pepaya. Tetapi Anda bisa memanfaatkan daun ini sebagai obat alami bagi kelinci yang kehilangan nafsu makannya akibat kondisi kesehatan yang memburuk. Tingginya zat besi yang terdapat pada daun pepaya juga disinyalir dapat mencegah kelumpuhan pada kelinci.

Daun pisang

Jika kelinci Anda mengalami mencret akibat kekurangan serat di dalam sistem pencernaannya, Anda bisa menyembuhkannya dengan memberikan daun pisang. Petiklah daun pisang pada pagi hari, lalu jemur sampai sore dan berikan pada kelinci. Daun pisang yang kaya akan kandungan serat ini seketika akan memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh kelinci.

Daun ubi jalar

Sudah tidak diragukan lagi kalau kelinci sangat menyukai daun ubi jalar. Mereka akan melahapnya dengan rakus apabila Anda memberikan daun ubi jalar. Daun ubi jalar memiliki kandungan serat dan vitamin yang berlimpah. Kandungan air di dalamnya pun cukup tinggi. Itulah sebabnya, Anda wajib menjemur daun ini terlebih dahulu sampai kondisinya layu.

Daun sawi

Anakan-anakan kelinci yang usianya kurang dari 5 bulan bisa Anda berikan pakan berupa daun sawi. Sayuran ini sangat disukai oleh kelinci yang masih kecil. Teksturnya yang lembut membuatnya aman dikonsumsi oleh kelinci-kelinci anakan. Namun, Anda tetap harus menjemur daun sawi ini terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya.

Categorised in: Tahukah Kamu ?, Yuk Bertani

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.