Tajam, Dipercaya, Independen

Diguyur Hujan, Sejumlah Ruas Jalan di Kota Tembilahan digenangi Air

Laporan: Ari Permana

Foto: Arsip detikriau.org

Tembilahan, detikriau.org – Hujan lebat yang mengguyur kota Tembilahan pada Jum’at (7/12) siang, menyebabkan sejumlah ruas jalan digenangi air. Diyakini kondisi ini disebabkan tidak berfungsi dengan baiknya saluran drainase serta pendangkalan sejumlah aliran anak sungai.

Persoalan utamanya dinilai kurangnya kesadaran masyrakat dalam mejaga kebersihan lingkungan.

“Sulit airnya bisa cepat turun, sebagian besar drainase tidak berfungsi dengan baik,” ujar salah seorang warga Tembilahan, Anto saat berbincang dengan detikriau.org di Tembilahan

Menurut Anto, tidak berfungsi baiknya sejumlah saluran drainase disebabkan tumpukan sampah dan lumpur. Kondisi seperti ini pemicu utama, diyakininya akibat kurang perdulinya masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“lihat saja saluran drainasenya, tumpukan sampah menggunung. Tanpa kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan, sekeras apapun upaya petugas, hasilnya tidak akan pernah maksimal. Masyarakat perlu diberikan pemahaman agar mau bersama-sama menjaga lingkungan,” Sarankan Anto

Ridwan, warga lainnya juga membenarkan, disamping tidak berfungsi baiknya drainase, ridwan menilai kondisi sejumlah anak sungai yang membelah kota Tembilahan kini sudah semakin dangkal. Ia berharap pemerintah kedepannya dapat memprogramkan pengerukan kembali agar jalur air pembuangan menuju sungai Indragiri itu dapat mengalirkan air dengan lebih maksimal.

“Masalah terbesarnya juga kurangnya kepedulian masyarakat. Sebagian masih terbiasa menjadikan aliran anak sungai sebagai tong sampah, bahkan sebagian masyarakat ada yang sengaja mempergunakan sebagian aliran anak sungai untuk berbagai kebutuhan. Dampaknya kini aliran anak sungai semakin dangkal dan tidak bisa mengantarkan air dengan baik ke aliran Sungai Indragiri,” pendapatnya.

Pantauan lapangan detikriau.org, sejumlah ruas jalan yang digenangi air terpantau dari perempatan traficllight jalan Batang Tuaka hingga jalan H Sadri, Jalan RA Kartini, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sultan Syarif Qasim, sebagian Jalan Jendral Sudirman, Sebagian Jalan M Boya, Sebagian Jalan Baharuddin Jusuf, sebahagian jalan lingkar, serta sejumlah ruas jalan lainnya di dalam Kota Tembilahan.

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.