Tajam, Dipercaya, Independen

Ribuan Warga dari Berbagai Penjuru Tanah Air Berdatangan ke Jakarta Hadiri Reuni Akbar 212

Detikriau.org – Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru kota di Tanah Air terus berdatangan ke Ibukota untuk menghadiri reuni akbar mujahid 212 di kawasan Monumen Nasional, Minggu (2/12).

Dari Soloraya, warga berangkat ke Jakarta menggunakan 45 bus.

Warga berangkat dari beberapa lokasi di antaranya titik Masjid Baitul Amin Cemani, Masjid Baitussalam Tipes, Laweyan juga Masjid Agung Karanganyar.

Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono mengatakan hampir seribu elemen umat Islam dari Soloraya berangkat dengan menggunakan bus ke Jakarta.

“Kami dari LUIS berangkat satu bus dari Masjib Baitusaalam. Sedangkan total bus dari Solo Raya yang berangkat ke Jakarta ada sekitar 45 bus. Sebagian lagi, sudah berangkat kemarin dengan menggunakan kereta dan mobil pribadi,” jelas Endro, sseperti dilansir dari RMOL.co, Sabtu (1/12).

Tujuan dari Reuni Aksi 212 ini, ungkap Endro sebagai ajang silaturahmi sekaligus konsolidasi nasional umat Islam untuk perlawanan terhadap penista agama dan pembelaan terhadap tauhid. Tidak ada kaitannya dengan kepentingan apapun termasuk kepentingan politik.

“Harapannya pemerintah harus mendengar dan menangkap aspirasi umat Islam terkait isu sensitif di masyarakat khususnya terkait SARA,” tegas Endro.

Di samping itu ratusan umat Islam Karanganyar yang tergabung dalam Aliansi Ummat Islam Karanganyar (AUIK) juga dipastikan hadir di Reuni 212. Rombongan berangkat dari halaman Masjid Agung Karanganyar dengan menggunakan sembilan bus. Rombongan sebelumnya berkumpul di Solo untuk selanjutnya menuju ke Jakarta bersama-sama.

Koordinator lapangan, Fadlun Ali berpesan kepada seluruh rombongan untuk tertib, Dalam satu komando. Peserta dilarang membawa senjata tajam dan diminta tidak terprovokasi.

“Semuanya jangan terprovokasi, tetap satu komando dan jangan membawa senjata tajam. Ingatlah untuk menjaga nama baik Karanganyar,” pesannya

Dari Pulau Sumatra, rmol.co juga mengabarkan sekitar seribu warga dari Lampung telah berangkat ke DKI Jakarta untuk menghadiri Reuni Akbar Mujahid 212

Namun, dalam perjalanannya banyak peserta yang terpaksa berdiri lantaran bus yang sebelumnya disewa tiba-tiba membatalkan keberangkatan.

“Karena kurangnya bus akibat pembatalan mendadak dari pihak bus,” kata Ustaz Luthfi dari Yayasan Dewan Dakwah yang ikut rombongan kepada Kantor Berita RMOLLampung., Sabtu (1/12).

Para peserta dari berbagai kabupaten, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia.

Salah seorang di antaranya Slamet Riyadi (76), terpaksa tidak berangkat menggunakan bus.

Sebagian peserta kemudian memutuskan naik kendaraan pribadi dan pesawat. Rombongan berangkat pukul 14.30 WIB.

“Saat ini, kami sudah berada di Dermaga Bakauheni,” ujar Ustad Luthfi pada pukul 19.00 WIB. Dia perkirakan tiba di Jakarta, tengah malam

Bakrun Satia Darma, seorang warga yang dihubungi RMOLSumsel warga Lahat menyampaikan yang pasti ikut dalam reuni mencapai 850-an orang. Seluruhnya datang secara bergelombang ke Jakarta.

“Ada yang menggunakan bus, mobil pribadi, dan ada pakai pesawat,” tulisnya melalui pesan singkat Whatsapp, Sabtu (1/12).

Menurut Bakrun, berangkat secara bergelombang dan terpisah untuk hindari kemungkinan ada razia di jalan.

Bakrun menegaskan, keikutsertaan warga Lahat pada reuni 212 ini murni ukhuwah, tak ada politisasi dan semua biaya pribadi.

Kawasan Monas Mulai Ramai

Sejak pukul 19.00 WIB, Sabtu (1/12), menjelang dimulainya acara Reuni 212 pada Minggu 2 Desember 2018 pukul 03.00 dini hari nanti, kawasan Monumen Nasional (Monas) mulai dipadati oleh peserta reuni.

Massa mulai memasuki kawasan Monas melalui pintu gerbang timur. Saat ini hanya satu pintu yang dibuka.

Teriakan takbir.. Allahuakbar saling sahut menyahut. Para pedagang di kawasan Monas mulai menyambut kedatangan peserta dengan cara menawarkan aneka barang daganganya. Mulai dari sajadah, kopiah hingga terlihat laris dibeli peserta.

Menurut rencana, acara Reuni 212 akan diawali shalat subuh berjamaah. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sumber: rmol.co    Editor: faisal

Iklan

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.