Tajam, Dipercaya, Independen

Panitia Reuni Aksi 212 Klarifikasi Kabar Miring di Masyarakat

foto: hidayatullah.com

Jakarta — Panitia Reuni Aksi 212 mengklarifikasi sejumlah kabar miring yang beredar di masyarakat jelang aksi yang dilakukan lusa, Minggu (2/12), di lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Melalui keterangan tertulisnya dikabarkan CNN Indonesia, panitia menyampaikan tidak membuat dan menyebarkan susunan panitia dan susunan acara, baik berupa gambar atau tulisan seperti yang tersebar di media sosial.

Selain itu, panitia juga tidak pernah membuat dan atau menyebarkan proposal untuk umum.

“Adapun proposal dibuat terbatas dan hanya untuk kalangan khusus secara pribadi dan terbatas serta mempunyai ciri, warna dan gambar yang khusus,” demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (30/11).

Panitia juga menyampaikan bahwa Reuni Aksi 212 murni sebagai ajang silaturahim yang bisa dihadiri oleh seluruh elemen umat Islam dan masyarakat.

Pihak panitia mengingatkan kembali kepada para peserta aksi agar tidak membawa atribut terkait pemilu. Karena, Reuni 212 bukanlah ajang politik praktis atau kampanye untuk pasangan calon tertentu.

“Maka dari itu jangan campuri acara ini dengan atribut partai politik dan sejenisnya, cukuplah pakaian putih,” demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Reuni Aksi 212 akan dimulai sejak Minggu (2/12) dini hari pukul 03.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kapitra Rencanakan Aksi Tandingan Dihari Yang Sama

dikutip melalui detikcom, Kapitra Ampera, alumni peserta aksi bela Islam 212, mantan pengacara Habib Rizieq yang kini maju sebagai caleg PDIP ini keberatan dengan diselenggarakannya reuni 212 dan memilih menggelar aksi tandingan bernama kontemplasi 212 dihari yang sama.

Kapitra bersama sejumlah orang yang menamakan diri Forum Silaturahmi sudah mengajukan surat ke Polda Metro Jaya untuk memulai aksi setelah salat isya pada Sabtu (1/12) hingga Minggu (2/12), pukul 15.00 WIB.

Polisi Bakal Sekat Massa Reuni Aksi 212 dan Peserta Kontemplasi 212

Polisi sudah menyiapkan ribuan personelnya untuk mengamankan jalannya Reuni 212 dan aksi tandingan di Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Kadiv Humas Polri, Brigjen M Iqbal mengatakan, polisi sudah menyiapkan pengamanan untuk kegiatan Reuni 212 yang rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2018 mendatang. Maka itu, dia yakin kegiatan itu pun berjalan dengan baik, lancar, dan damai

“Untuk personel pastinya ribuanlah, Polda Metro Jaya sudah ada strategi untuk melakukan pengamanan dan Insya Allah berjalan damai,” ujarnya pada wartawan, Jumat (30/11/2018) dilansir melalui sindonews.com

Terkait adanya rencana aksi tandingan 212, kata dia, polisi pun tetap melakukan pengamanan, yang mana sudah disiapkan pula. Hanya saja dalam dua kegiatan itu, tak ada persiapan khusus.

Dua massa itu pun bakal dibatasi agar tidak saling berbenturan. “Nanti disekat, Polda Metro sudah menyiapkan rencana pengamanan, ada strategi agar tidak tercampur massa di sana dan Polda Metro sudah melakukan pendekatan serta komunikasi dengan panitia agar tidak ada bentrok,” katanya. (cnn indonesia/detikcom/sindonews/ Editor: Faisal

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.