Tajam, Dipercaya, Independen

Hingga minggu ke 43, 148 Warga Inhil Terdata Susfect DBD

Foto ilustrasi: merdeka.com

Tembilahan, detikriau.org – Minggu ke 43 Tahun 2018, trend kasus susfect Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Indragiri Hilir terdata sebanyak 20 kasus. Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2017 yang hanya sebanyak 5 kasus.  

Secara keseluruhan, sejak minggu ke 1 hingga ke 43, susfect DBD di Inhil tercatat sebanyak 148 kasus.

Data ini disampaikan oleh Staff kewaspadaan dini seksi surveylans dan imunisasi bidang pencegahan dan pengendalian penyakit pada Dinas Kesehatan Inhil, Haili, kepada detikriau.org ditemui di Tembilahan, senin (5/11)

“Hingga minggu ke 43 total susfect DBD di Inhil terdata sebanyak 148 kasus,” Ujar Haili memberikan pernyataan

Diterangkanya, penderita yang digolongkan dalam susfect DBD dicirikan seperti mengalami demam panas tinggi secara tiba-tiba, dan tanpa disertai batuk filek serta timbulnya bintik-bintik merah pada kulit.

Namun untuk kasus DBD ini, bidang kewaspadaan dini menurutnya hanya mencatat sebatas Susfect, sedangkan positifnya baru diketahui setelah adanya hasil uji laboratorium.

Sementara itu, Herman Mahat, Kepala Seksi surveylans dan imunisasi bidang pencegahan dan pengendalian penyakit pada Dinas Kesehatan Inhil menjelaskan bahwa  kasus DBD cenderung mengalami peningkatan disaat memasukinya musim penghujan yang biasanya terjadi beberapa bulan menjelang akhir tahun.

Dalam kondisi alam seperti ini, meminimalisir merebaknya penyakit DBD, penerapan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus juga perlu terus dilakukan secara berkelanjutan, yakni Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, dan lain-lain, kemudian; Menutup yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti  Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk,Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; dan Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

“PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, untuk itu masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.” Pesankan Herman Mahat

Sebelumnya, seorang balita asal Kecamatan Tanah Merah menghembuskan nafas setelah sempat mengalami panas tinggi dan kejang-kejang. Hasil pemeriksaan medis, bocah berusia 5 tahun ini dipastikan positif  terserang DBD./faisal

Iklan

Tagged as: , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.