Tajam, Dipercaya, Independen

Minyak Kelapa dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Foto: Internet

Detikriau.org – Tanaman kelapa memang terbukti memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian dari tanaman yang banyak digelari pohon kehidupan ini bernilai guna. Mulai dari batang pohon hingga kepucuk daun muda. Bahkan hasil olahan buah kelapa, selain dimanfaatkan untuk minyak goreng ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Dilansir melalui doktersehat.com, 50 persen kandungan minyak kelapa adalah asam laurat yang mendukung metabolisme yang sehat dan telah diteliti anti-jamur, anti-virus dan anti-bakteri.

Minyak kelapa yang baik adalah yang masih memiliki aroma kelapa segar.

Berikut 4 kegunaan minyak kelapa untuk kecantikan:

  • Untuk merawat kulit kepala dan rambut

Aplikasikan minyak kelapa ke rambut yang kering. Maka nutrisi rambut bisa terpenuhi dan masalah rambut bercabang bisa diatasi. Anda perlu menggosokkan minyak kelapa ke kulit kepala Anda secara merata, tidak sekadar dioleskan saja. Gunakan secukupnya, jangan sampai rambut jadi terlalu berminyak karena penggunaan minyak kelapa yang berlebihan.

  • Untuk pelembab

Minyak kelapa ini sangat baik untuk kulit. And bisa mengatasi kulit kasar dan bibir pecah-pecah dengan minyak kelapa. Cukup oleskan minyak kelapa ke bagian kulit yang kering. Daerah tumit, siku, dan tangan yang sering kering juga bisa diolesi minyak kelapa agar kelembabannya tetap terjaga.

  • Sebagai eye makeup remover

Minyak kelapa juga bisa menghapus riasan mata Anda. Teteskan minyak kelapa di atas kapas, lalu sapukan ke daerah mata Anda dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air bersih. Minyak kelapa ini selain bisa menghapus sisa makeup juga dapat menutrisi kulit Anda. Jika Anda punya masalah dengan kulit mata yang sensitif, minyak kelapa bisa jadi solusinya.

  • Sebagai deodorant

Ingin mencari alternatif lain selain deodorant yang biasa dijual di pasaran? Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Meskipun tak bisa mengurangi keringat tubuh, tapi akan membuat kulit Anda lebih asam sehingga mencegah munculnya bakteri. Untuk membuat deodorant ini, Anda perlu mencampurkan ¼ cangkir minyak kelapa cair dengan 1/8 cangkir tepung jagung, 1/8 cangkir bubuk sagu betawi (arrowroot), dan 1 sdt baking soda. Campurkan dalam toples kecil, dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Baru simpan di suhu ruangan dan siap untuk digunakan sebagai deodorant dengan mengoleskannya langsung ke ketiak Anda.

Bagi ibu menyusui, minyak kelapa juga bisa dijadikan krim yang bisa dioleskan ke puting susu untuk mencegah iritasi. Cukup lelehkan 2 sdt bubuk cokelat, 1 sdt minyak zaitun, dan 2 sdt minyak kelapa. Krim ini bisa memperlancar regenerasi kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Iklan

Tagged as:

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.