Tajam, Dipercaya, Independen

Tak Hanya Indonesia, di Kanada Juga Ada Praktik Dukun Palsu. Tipu Korban Hingga Rp 9 Miliar Lebih

Polisi Kanada (Foto: Reuters)

Detikriau.org – Akal-akalan dukun palsu ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Di Negara Eropa, Kanada, praktik “bulus” untuk mengeruk kekayaan juga dimanfaatkan dengan mengakali orang-orang  yang percaya pada kekuatan supranatural ini. Akibatnya, lebih dari 9 miliar uang korban amblas.

Diberitakan NBC News, sabtu (27/10) dilansir melalui kumparan.com , kepolisian Kanada menangkap seorang wanita dukun palsu setelah menipu korbannya hingga senilai lebih dari Rp 9 miliar. Korban mengaku percaya saja ketika pelaku mengatakan akan mengusir arwah jahat dari rumahnya.

Wanita 27 tahun bernama Samantha Stevenson itu didakwa atas penipuan dan kepemilikan properti hasil kejahatan. Kepolisian York di Toronto mengatakan, penipuan ini telah berlangsung selama empat tahun.

Stevenson mengaku sebagai dukun bernama Evanna Lopez kepada korbannya, pria berusia 67 tahun. Dia lantas memerintahkan korbannya untuk menjual rumahnya untuk mengusir arwah jahat di dalamnya. Stevenson menyuruh korban mentransfer uang hasil penjualan rumah ke rekeningnya.

“Dia mengaku akan menyimpan uang itu sampai arwah jahat diusir. Tapi pelaku tidak mengembalikan uangnya, malah meminta tambahan lagi USD 6.000 untuk dibakar, dengan alasan mengusir arwah jahat,” kata polisi.

Korban mematuhinya karena dukun palsu mengancam anggota keluarganya akan tewas jika membantah. “Korban menjual mobilnya untuk memenuhi permintaan dukun palsu itu, menggunakan kartu kredit, dan sumber lainnya untuk membayar tuntutan uang,” lanjut polisi lagi.

Total, korban mengaku tertipu hingga USD 600 ribu, lebih dari Rp 9 miliar, sebelum akhirnya melapor ke polisi.

Iklan

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.