Tajam, Dipercaya, Independen

Kaya Kolesterol, Adakah Manfaat Dari Udang?

Foto: internet

detikriau.org – Udang dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang lezat. Sayangnya, udang termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan kolesterol. Jika kita terlalu sering mengonsumsinya, dikhawatirkan kita justru akan lebih rentan untuk terkena masalah kolesterol tinggi yang berbahaya. Lantas, apakah sebaiknya kita tidak makan udang saja?

dilansir doktersehat.com Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, udang sebenarnya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan astaxanthin yang tinggi sehingga bisa memberikan manfaat sehat.

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi 300 gram udang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 12 persen sekaligus membuat kadar trigliserida turun hingga 13 persen. Hal ini berperan besar dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, di dalam penelitian yang melibatkan 365 wanita ini, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi udang secara teratur mampu membuat para partisipan menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah dengan signifikan.

Hanya saja, para peneliti juga menyebutkan bahwa mereka membutuhkan penelitian lebih mendalam untuk mengetahui bagaimana efek udang baik kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Meskipun secara umum tinggi kolesterol, udang cenderung rendah kalori. Di dalam 85 gram udang hanya mengandung 84 kalori dan tidak memiliki kandungan karbohidrat. Kandungan lain yang bisa kita temukan di dalam udang adalah lemak sehat, protein, dan mineral. Kita juga akan menemukan kandungan selenium yang bisa menurunkan peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Selain itu, terdapat kandungan yodium yang penting bagi fungsi tiroid dan otak kita.

Jika kita ingin mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari udang, ada baiknya kita memilih udang yang berkualitas, khususnya yang tidak berbau dan memiliki warna atau bentuk yang masih segar. Biasanya, warna udang yang masih segar adalah yang hijau sedikit abu-abu dan merah muda. Jika ada bagian tepi yang menghitam atau adanya noda hitam di kulit luar, udang biasanya sudah mengalami penurunan kualitas.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu ragu lagi mengonsumsi udang. Asalkan tidak berlebihan, kita masih bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.