Tajam, Dipercaya, Independen

Bupati Inhil Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa/i SDN 007 & SDN 008 di Tembilahan

Tembilahan, detikriau.org — Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan turut memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2018 bersama siswa/i SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan, Selasa (23/10/2018) pagi.

“HCTPS merupakan kampanye yang sudah dicanangkan sejak tahun 2008 lalu oleh PBB guna menyerukan pentingnya peningkatan kualitas kesehatan dengan praktek higiene dan sanitasi di seluruh dunia,” ujar Bupati dalam sambutannya di halaman SDN 007 dan SDN 008, Jalan Bunga, Tembilahan.

Kebersihan tangan, menurut Bupati sangat diperlukan, mengingat tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan menghindarkan dari penyakit akibat makanan tercemar kuman yang berada di tangan.

Peringatan HCTPS ini, diungkapkan Bupati, pada dasarnya dilaksanakan secara global setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan HCTPS rutin digelar setiap tahun guna mengingatkan pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat kepada masyarakat, terutama kepada anak – anak sejak dini sebagai generasi penerus.

“Cuci tangan pakai sabun merupakan suatu perilaku hidup sehat yang dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa biaya mahal serta telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit,” jelas Bupati.

Senada dengan yang dikatakan Bupati, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan juga menjelaskan, bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.

“Meskipun demikian, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan menyadari akan hal tersebut. oleh sebab itu, peringatan HCTPS ini penting kita laksanakan, untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat,” paparnya.

Kampanye cuci tangan pakai sabun, menurut Hj Zulaikhah Wardan juga adalah upaya menurunkan tingkat kematian akibat penyakit tertentu yang dapat ditularkan melalui tangan yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, cuci tangan pakai sabun adalah langkah pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

“Tidak hanya itu, peringatan HCTPS ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah,” terang Zulaikhah.

Ibunda Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini mengutarakan, penyelenggaraan HCTPS di SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan ini merupakan sebuah komitmen dan langkah nyata gerakan TP PKK membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai sejak dini, sekaligus menyokong pembangunan daerah khususnya dalam bidang kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan juga menyerahkan bantuan alat dan perlengkapan cuci tangan dari Dinas Kesehatan Inhil, serta bingkisan berupa kain sarung dan mukena kepada anak yatim piatu SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian tata cara cuci tangan pakai sabun serta tarian peragaan cuci tangan pakai sabun oleh TP PKK Inhil, tenaga kesehatan, serta murid SDN 007 dan SDN 008. Acara ditutup dengan pelaksanaan cuci tangan pakai sabun oleh Bupati dan Ketua TP PKK beserta rombongan.

Hadir pula dalam kegiatan itu anggota Forkopimda Kabupaten Inhil, Pejabat Eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Ketua Organisasi Wanita dan segenap keluarga besar SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan.

Kegiatan tajaan TP PKK Kabupaten Inhil bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil ini, mengusung tema “Masa Depan Kita Ada di Tangan Kita”. Tujuan pelaksanaan HCTPS ini ialah untuk menerapkan aktifitas cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat sebagai perilaku hidup bersih dan sehat./ adv/Ari Permana

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.