Tajam, Dipercaya, Independen

Minuman Bersoda Mampu Turunkan Kolesterol. Fakta atau Mitos ?

Foto ilustrasi: IDN Times

Detikriau.org — Banyak sekali artikel kesehatan yang bisa kita temui di media sosial atau di pesan berantai di aplikasi percakapan ponsel pintar,. Baik itu berita fakta maupun mitos, seperti misalnya minuman bersoda yang manis dan menyegarkan bisa menurunkan kolesterol. Fakta atau mitos?

Dilansir dari doktersehat.com, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mitos ini sama sekali tidak sesuai dengan fakta medis. Alih-alih menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kandungan gula yang sangat tinggi di dalam minuman bersoda justru bisa membuat kadar trigliserida di dalam tubuh meningkat. Sebagai informasi, trigliserida cenderung disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Masalahnya adalah trigliserida cenderung ikut mengalir di aliran darah dan sulit untuk dihilangkan. Tak hanya bisa memicu kenaikan berat badan, trigliserida juga bisa menyebabkan datangnya masalah kardiovaskular.

Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa jika kadar trigliserida di dalam tubuh sangat tinggi, maka hal ini akan berdampak langsung pada kesehatan dinding pembuluh darah arteri. Pembuluh darah yang semakin menebal dan kaku akhirnya kehilangan keelastisitasannya dan membuat sirkulasi darah terganggu. Jika hal ini dibiarkan, maka risiko terjadinya pembekuan atau penggumpalan darah akan meningkat sehingga membuat kita lebih rentan terkena stroke atau penyakit jantung.

Banyak orang yang berpikir jika gula yang ada dalam minuman manis seperti minuman bersoda hanya akan memberikan efek buruk bagi berat badan atau risiko diabetes, padahal, dalam realitanya hal ini terkait langsung dengan kolesterol dan kesehatan jantung atau pembuluh darah. Selain itu, jika kita mengalami kenaikan berat badan, maka besar kemungkinan kita juga akan mengalami peningkatan risiko terkena masalah kolesterol.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mempercayai mitos minuman bersoda mampu menurunkan kolesterol. Alih-alih mengonsumsinya, kita sebaiknya menggantinya dengan air putih yang jauh lebih sehat. Selain bisa memicu kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes, minuman bersoda ternyata juga bisa menyebabkan tulang keropos mengingat kemampuannya dalam menurunkan kadar kalsium di dalam tubuh.

Editor: Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.