Tajam, Dipercaya, Independen

Sekda Inhil Serahkan Bantuan 15 Unit Perahu Motor dan Alat Tangkap Perikanan untuk Nelayan Dusun Perisai

Sekda Inhil H Said Syarifuddin saat menyerahkan bantuan perahu dan alat tangkap perikanan kepda masyarakat nelayan. (Foto: Diskominfops Inhil)

Mandah, detikriau.org — Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin menyalurkan bantuan 15 unit perahu motor 0,5 GT beserta alat tangkap perikanan kepada masyarakat nelayan Dusun Perisai, Desa Batang Tumu, Mandah, Rabu (17/10/2018).

Bantuan yang berasal dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia khusus diperuntukan bagi nelayan – nelayan kecil di wilayah perairan Kecamatan Mandah.

Bantuan tersebut diserahkan melalui perwakilan Direktorat Pendayagunaan Pulau – Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Sukaptono kepada Sekda Inhil  yang sekaligus juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Inhil.

Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Inhil, H Mukhtar T, Camat Mandah, Babinsa dan tokoh masyarakat setempat.

Foto bersama usai penyerahan bantuan

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Dusun Perisai, Desa Batang Tumu Kecamatan Mandah ini patut bersyukur dengan didapatkan bantuan ini.

Sekda berharap masyarakat nelayan yang telah menerima bantuan dapat memanfaatkannya secara maksimal. “Yang terpenting bagi nelayan, kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan sungai kita,” ucap Sekda.

Untuk bisa menjaga kelestarian alam, Sekda mengimbau agar nelayan tidak lagi menangkap ikan, udang dan lain sebagainya dengan menggunakan racun tuba, sentrum listrik dan peralatan lain yang dapat mencemari lingkungan.

Sekda juga berharap, khususnya kepada nelayan yang terhimpun dalam kelompok usaha bersama untuk senantiasa menjaga bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah.

” Ini adalah bantuan pemerintah, jaga baik-baik, jangan sampai hilang dan jangan sampai di jual,” pesan Sekda.

Kepada Camat, Kepala Desa dan Aparatur lainnya Sekda juga mengimbau untuk dapat bersama mengawasi kelestarian lingkungan perairan. Sebab, menurutnya, jika wilayah dan sumber daya perairan telah tercemar, maka hal tersebut merupakan kerugian besar bagi masyarakat.

“Ini (Wilayah dan sumber daya Perairan, red) adalah anugerah dan mudah – mudahan bisa dijaga kelestariannya demi anak cucu kita. Mudah-mudahan berkah dari Allah SWT ini bisa memberikan kesejahteraan bagi kita,” kata Sekda.

Sementara itu, Sukaptono sebagai Staf Kasubdit Pulau-pulau Kecil dan Terluar perwakilan Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI nyatakan dukungan dan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Inhil bisa mendukung pemanfaatan bantuan yang telah disalaurkan.

“Saya datang kesini, tujuannya menyerah-terimakan bantuan ini untuk masyarakat Dusun Perisai. Kami mohon bantuan ini jangan sampai diperjual-belikan dan syukur-syukur dapat dikembangkan untuk hal lainnya,” ujar Sukaptono.

Sukaptono mengaku akan terus memantau perkembangan Kabupaten Inhil, khususnya terhadap Pulau – Pulau Kecil. “Insya Allah kita akan menindaklanjuti usulan-usulan yang masuk. Ini cukup bagus usulan dari Kabupaten Inhil melalui dinas Kelautan dan Perikanan,” ujar Sukaptono./ Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.