Tajam, Dipercaya, Independen

Seleksi CPNS dengan Sistem CAT Dipastikan Mampu Hilangkan Praktik Kecurangan

Detikriau.org – Sistem Computer Assisted Test (CAT) dipastikan akan mampu menghilangkan praktik-praktik kecurangan dalam proses rekruitmen CPNS.

Sistem CAT, real time dan transparan karena bisa dipantau oleh semua pihak. Perobahan nilai peserta tes dari awal hingga selesai terpantau dan jawaban peserta dapat dilacak.

Dilansir dari kumparan, kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan memastikan efektivitas CAT mencapai lebih dari angka sempurna atau 100 persen.

“101 persen. Karena memang enggak bisa lagi. Nggak bisa kita membalik-balikan. Itu ditandantangani BAP kedua pihak, BKN dan instansi yang bersangkutan. Dilihat, dipampang, difoto dan sistem langsung masuk ke server,” kata Ridwan di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (16/10).

Sebagai sistem real time, CAT tidak akan memberi celah bagi peserta tes untuk berbuat curang. Sebab, ketika peserta mengisi soal, nilai-nilai akan langsung ter-update saat itu juga.

“Misalnya si A benar satu, di TIU (Tes Intelegensia Umum), tapi salah, minus 5, minus 5 itu real time (langsung berkurang). Dan itu nggak bisa menipu,” terangnya.

Soal pengerjaan tes CAT, Ridwan mengatakan pihaknya telah mengantisipasi terhadap kesiapan peserta tes. Salah satunya dengan menyediakan sarana latihan yang diunggah pada web simulasi yang bisa diakses melalui online.

“Simulasi ada di cat.bkn.go.id ada juga di toko buku,” kata Ridwan.

Mengenai soal-soalnya sendiri, Ridwan mengatakan isinya merupakan kombinasi soal yang pernah dibuat sebelumnya hingga yang terbaru. “Tapi yang jelas soalnya baru nanti. Soal-soal yang lama jadi soal yang baru. Puluhan ribu soal nanti diacak lagi,” tutup Ridwan.

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.