Tajam, Dipercaya, Independen

Konsumsi Daging Bolehkan untuk Penderita Diabetes?

Foto : internet

detikriau.org — Memilih makanan bagi penderita diabetes memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Pasien diabetes tidak bisa dengan leluasa mengonsumsi makanan. Jika salah, kadar gula darah bisa meningkat. Makanya bagi seorang penderita diabetes perlu untuk mengetahui jenis makanan yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Bagaimana dengan mengonsumsi daging?

Dilansir dari doktersehat.com. pakar kesehatan menyebut daging merah sebagai bahan makanan yang sebaiknya dikurangi karena bisa memberikan efek buruk bagi organ jantung dan pembuluh darah jika terlalu sering untuk dikonsumsi. Hanya saja, khusus untuk penderita diabetes, mereka justru sangat disarankan untuk mengonsumsi protein. Hal ini berarti, mereka masih perlu mengonsumsi daging merah meskipun tentu saja porsinya harus dibatasi dan daging ini sudah tidak lagi memiliki kandungan lemak.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 27.425 pria dan 36.424 perempuan dengan usia 45 hingga 75 tahun di Jepang, disebutkan bahwa konsumsi daging merah pada pria memiliki kaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes. Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Clinical Nutrition ini, disebutkan pula bahwa kebiasaan mengonsumsi daging merah dan daging olahan bisa membuat kita mengonsumsi natrium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara penderita diabetes tetap bisa aman mengonsumsi daging? Pakar kesehatan Lu Qi dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada pedoman yang jelas tentang seberapa banyak jumlah daging yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena alasan inilah, Lu Qi menyarankan penderita diabetes untuk menurunkan asupan daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam atau unggas lainnya, dan ikan atau berbagai jenis makanan laut lainnya.

Pakar kesehatan Meredith Nguyen, RD menyarankan penderita diabetes untuk membatasi asupan daging merah sebanyak 18 ons saja selama seminggu. Jumlah ini sama dengan empat atau lima porsi saja dalam sepekan. Selain itu, penderita diabetes juga harus memastikan bahwa daging ini bebas lemak atau setidaknya memiliki kadar lemak yang sangat rendah.

“Daging steak sebenarnya tidak akan menaikkan kadar gula darah, namun kandungan kalori tambahan dari daging bisa memicu masalah berat badan yang akhirnya membuat diabetes lebih sulit untuk dikendalikan. Karena alasan inilah konsumsinya harus dibatasi,” ungkap Ann Walker, RD dari University of Kansas Medical Center.

Editor: Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.