Kami sampaikan kabar untuk anda

Kampung Seni Budaya Diharap Jadi Magnet Wisata bagi Inhil

Tembilahan, detikriau.org — Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengharapkan Kampung Seni Budaya menjadi Ikon Wisata baru yang mampu menciptakan daya tarik bagi masyarakat.

Harapan tersebut diungkapkan Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dalam sambutannya pada acara Pembukaan Kampung Seni Budaya Indragiri Hilir, Sabtu (6/10/2018) malam, di Jalan Tanjung Harapan, Tembilahan.

Menurut Bupati, keberadaan Kampung Seni Budaya harus dikembangkan, sebab banyak hal dan kegiatan positif di dalamnya. Kampung Seni Budaya, imbuhnya, mesti memiliki legalitas hukum.

“Tentu saja hal semacam ini (Kampung Seni Budaya, red) harus terus dikembangkan kedepan. Dikemas secara baik, dibenahi apa saja yang menjadi kekurangan. Termasuk dalam legalitas kampung seni dan budaya supaya Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Inhil bisa memberikan dukungan,” kata Bupati.

Kampung seni budaya yang berada di Sekretariat Assosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi), menampung berbagai kegiatan seni masyarakat. Semua bergabung disana, baik seniman muda maupun yang telah berumur.

Di Kampung Seni Budaya, terdapat sanggar gitar klasik, tim Shalawat, sanggar biola, duta seni, kesenian asli Banjar madihin dan lain sebagainya. “Dengan dikemas secara baik, seni – seni yang ditampilkan disini, tentu saja menjadi magnet baru bagi masyarakat untuk berdatangan,” sebut Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Bupati menyambut baik peresmian Kampung Seni Budaya di Tembilahan. Dia berharap, segala wujud kesenian, terutama kesenian yang terancam punah dapat terus diregenerasikan dengan adanya Kampung Seni Budaya.

Peresmian Kampung Seni Budaya dimeriahkan dengan lantunan shalawat maulid habsyi, pertunjukan kuda kepang, pembacaan puisi karangan anak yang bersekolah di SLB bernama Ahmad Ardian, dan penandatanganan lukisan wajah Bupati Inhil, HM Wardan MP dan Wakil Bupati terpilih, H Syamsudin Uti.

Tampak hadir pada acara pembukaan Kampung Seni Budaya malam itu, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil serta Camat Tembilahan.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Provinsi Riau, Hj Septina Primawati, yang mana Dia menyambut dengan penuh suka cita dan antusias kehadiran Kampung Seni Budaya. Menurutnya, dengan polesan seni yang indah segala sesuatu dapat tampil menarik dan menjadi perhatian.

“Contohnya saja ketika berada di salah satu destinasi wisata di Pulau Jawa, disana ada Jalan yang berwarna, kemudian gedung atau bangunannya juga berwarna. Nah, hal seperti itu mengundang banyak orang datang untuk berwisata. Hal kreatif seperti inilah yang Saya harapkan dapat terus berkembang di Kampung Seni Budaya,” paparnya./Am

Tagged as: , , ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.