Kami sampaikan kabar untuk anda

Kerap dicabut dan dibuang, Ternyata Tanaman Ini Punya Banyak Manfaat

Detikriau.org — Nama Sirih cina atau sering di sebut dengan ketumpang air mungkin tidak semua orang pernah mendengarnya. Tapi melihat bentuk fisiknya, pasti kita merasa tidak asing. Tanaman ini kerap ditemui tumbuh subur disekitar pekarangan rumah. Selama ini kebanyakan masyarakat hanya menganggapnya sebatas gulma sehingga kerap hanya dicabut dan dibuang. Tapi tahukah anda tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir Sempulpertanian.com, tanaman yang mempunyai nama ilmiah Peperomia pellucida ini sering disebut dengan sirih cina dikarenakan daunnya berbentuk seperti daun sirih namun bentuknya lebih kecil dan lebih tebal serta berair dengan tekstur lunak, mempunyai perakaran yang dangkal dan batangnya sekulen (berair), berwarna cerah. Tinggi tumbuhan ini sekitar 15 cm sampai 45 cm.

Khasiat sirih cina diantaranya bisa sebagai pencegah flu dab batuk, diare bahkan untuk membantu menurun tekanan darah tinggi.  Di beberapa artikel juga  menyebutkan khasiat sirih cina ini bisa mengobati rematik dan asam urat serta penyakit kulit seperti jerawat dan bisul bahkan kulit melepuh pada kulit karena mengandung anti bakteri.

Sirih cina bisa dikonsumsi dengan cara meminum rebusan, di jus atau sebagai lalapan teman makan. Adapun cara membuat rebusan sirih cina dengan menyiapkan sirih cina kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak 2 (dua) gelas air. Rebus sirih cina selama 15-20 menit. Rebusan sirih cina ini dipercaya  mengobati asam urat atau encok.

Didaerah-daerah tertentu, sirih cina sering dijadikan bahan untuk pengobatan tradisional, yakni untuk pengobatan bengkak pada lengan dan kaki, jerawat, pegal-pegal dan sakit sendi yang diakibatkan rematik, bahkan di eropa biji dari tumbuhan ini di pasarkan secara komersil untuk dijadikan obat herbal.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.