RDP Komisi II DPRD Inhil Soal Harga Kelapa: Ini yang Dibahas

Posted on Updated on

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan Hearing bersama sejumlah pihak terkait persoalan harga kelapa di Ruang Banggar DPRD Jalan HR Soebrantas, Tembilahan, Kamis (20/9/2018).

Tiga point penting yang menjadi perdebatan, pertama terkait pelaksanaan Perda nomor 3 tentang Tata Niaga Kelapa dan Perda nomor 4 tentang Sistem Resi Gudang.

Kedua terkait harapan dan permintaan masyarakat petani kepada Pemkab Inhil untuk berkomitmen mendorong peningkatan harga jual kelapa dalam. Dan terakhir, membahas tentang pelabuhan parit 21 sebagai pelabuhan ekspor-impor di dalam mendukung pelaksanaan resi gudang.

Dari panjangnya pembahasan RDP, ternyata kesulitan masyarakat tidak hanya persoalan fluktuasi harga kelapa. Namun juga terkait masalah penjualan ke perusahaan. Pasalnya, PT Pulau Sambu Grub Sungai Guntung hanya menyediakan 1 dermaga sehingga antrian bongkar-muat dinilai membutuhkan waktu yang lama.

“Kepada PT Pulau Sambu diminta untuk menambah dermaga untuk mengurangi antrian, karena efeknya cukup banyak. Sudahlah harga kelapa murah, duit yang diterima juga tertunda, belum lagi kualitas kelapa bisa rusak karena terlalu lama dalam kapal,” Sampaikan salah seorang Anggota DPRD Inhil, Edi Gunawan.

Terkait usulan ini, Perwakilan PT Pulau Sambu Grub, Ahlim Ginting menjelaskan bahwa untuk masalah pembongkaran, pihaknya melakukan pengangkatan buah kelapa dari kapal secara langsung dan berlangsung selama 24 jam tanpa henti.

Bahkan katanya, alat pengangkatpun sudah ditambah menjadi 11 unit dari yang semula hanya 7 unit.

“Masalah harga kelapa ini bukan hanya masalah petani, namun juga masalah bagi perusahaan. Karena saling berkaitan.” Ujar Ahlim Ginting

RDP ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Inhil Amd Junaidi.

RDP juga diikuti Asisten II Setdakab Inhil Afrizal, Plh Asisten III RM Sudinoto, Plt Kadisperindag Inhil Azwar C, Kabag Hukum, Bagian Perekonomian, pihak PT Pulau Sambu Grup Sungai Guntung, pihak KPPBC TMP C Tembilahan serta sejumlah petani Inhil.

Reporter: mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.