Pemkab Inhil Sosialisasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Posted on

Foto: arsip Diskominfops Inhil

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemkab Inhil tahun 2018.

Kegiatan yang juga dilakukan penyerahan laporan hasil Quality Assurance (QA) SPIP dan Piagam penghargaan SPIP level 3 tersebut berlangsung di Gedung Engku Kelana, Senin (17/9/2018).

Saat itu, tampak dihadiri langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan, Sekda Inhil, Unsur Forkopimda Inhil, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, sejumlah pejabat Esselon Pemkab Inhil serta undangan lainnya.

Bupati Inhil dalam sambutannya mengatakan, penilaian atas maturitas SPIP ini dimulai pada tahun 2017 yang lalu. Dalam hal ini, BPKP Perwakilan Provinsi Riau secara kontinyu atau terus-menerus melakukan pembinaan terhadap Inspektorat daerah Kabupaten Inhil sebagai leading sektor untuk memenuhi penilaian maturitas SPIP.

Foto: Arsip Diskominfops Inhil

Penilaian mandiri maturitas SPIP ditargetkan oleh Presiden melalui RPJMN 2015-2019, yang mana target 2019 mencapai level 3 untuk kementerian lembaga 85 persen, Provinsi 85 persen dan Kabupaten/Kota 75 persen secara Nasional.

“Alhamdulillah, kita sudah mencapai target tersebut sebelum 2019,” kata Wardan.

Ia menjelaskan, tingkat penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar, menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan.

Penilaian atas maturitas SPIP telah dilakukan oleh Pemkab Inhil, dalam hal ini adalah Inspektorat dengan didukung oleh 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang menjadi sampel penilaian.

Menurut Bupati, tidak mudah untuk mencapai level 3. Untuk itu ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Riau yang telah membimbing, mengarahkan dan mendukung secara penuh kegiatan mandiri penilaian maturitas SPIP di lingkungan Pemkab Inhil.

“Saya berharap silaturahmi, komunikasi dan hubungan kerja antara Pemkab Inhil BPKP Perwakilan Provinsi Riau tidak sampai disini saja, kami masih memerlukan sumbang saran bimbingan dan arahan untuk perbaikan kinerja kedepannya,” tuturnya.

Ditambahkan, untuk mencapai maturitas SPIP level 3 dibutuhkan waktu yang lama oleh Inspektorat dimulai pertengahan tahun 2017 sampai selesai QA atau penjaminan mutu yang merupakan penilaian akhir oleh SPIP BPKP Pusat./MIRWAN

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.