Tajam, Dipercaya, Independent

Berinovasi Membangun Desa Sejahtera untuk Generasi Millenial 

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Anggota Dewan Provinsi Riau, H Agus Triansyah menghadiri penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) oleh satuan Kerja (Satker) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Provinsi Riau, belum lama ini.

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendes Anuwar Sanusi, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Desa Provinsi Riau Syarifuddin Ar.

Secara umum tugas pokok dan fungsi pendamping lokal desa adalah mendampingi desa dalam penyelenggaran pemerintah desa, kerjasama antar desa, pengembangan Bumdes dan fasilitasi pembangunan yang bersekala lokal desa.

H Agus Triansyah bersama Sekjen Kemendes Anuwar Sanusi, Kadis PMD Riau pada pelatihan peningkatan kapasitas PLD

Selain itu, mendampingi desa dalam perencanaan pembangunan dan keuangan desa, mendampingi desa dalam pelaksanaan pembangunan desa, mendampingi masyarakat desa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa, mendampingi desa dalam pemantauan dan evaluasi kegiatan pembangunan desa.

Agus berharap, pelatihan tersebut dapat  meningkatnya kapasitas para peserta selaku pendamping lokal desa,  berupaya meningkatkan peran serta dalam tugas pokok dan fungsi pendampingan desa kedepan.

“Tentunya kita berharap yang terbaik, dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan kualitas para pendamping desa untuk menjadikan desa semakin jaya khususnya desa-desa di Kabupaten Inhil,” kata Agus yang juga sebagai dewan pembina APDESI.

Foto bersama usai penutupan pelatihan peningkatan kapasitas PLD

Disamping itu, semoga katanya juga bisa wujudkan satu desa satu pustaka, di desa langsung pusat belajar masyarakat ada disitu karena bagaimana orang terampil karena membaca.

“Dan juga untuk masyarakat inovatif harus membaca di desa terbatas akses, balai desa jadi motor, untuk mewujudkan generasi milenial didesa sudah bisa mengakses wifi di perpustakaan. Melalui pendampingan desa, desa harus bertanpormasi menjadi desa yang sejahtera dan melenial,” harapnya./adv

Reporter: Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s