Tajam, Dipercaya, Independent

Benarkan Penyebab Utama Diabetes dari Faktor Keturunan?

Foto: Net

Detikriau.org — Banyak orang yang percaya jika diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan. Benarkan hal ini?

Sesorang dengan riwayat keluarga penderita diabetes memang memiliki resiko lebih tinggi menderita diabetes, namun pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab utama diabetes ternyata bukanlah faktor keturunan, melainkan faktor gaya hidup.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes  sebaiknya menjaga pola makan. Misalnya dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi gula dan kalori serta menjaga pola hidup sehat.

Hanya saja, bukan berarti orang yang bukan berasal dari keluarga dengan riwayat diabetes bisa menerapkan gaya hidup sembarangan. Mereka juga harus tetap menerapkan gaya hidup yang sehat agar tidak mudah terkena penyakit ini.

Dalam realitanya, masyarakat modern cenderung menyukai makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana dan makanan yang digoreng. Selain itu, makanan dan camilan yang manis, hingga minuman kekinian yang kebanyakan juga memiliki rasa yang manis juga laris di pasaran dan disukai generasi muda. Padahal, berbagai makanan dan minuman ini bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat dan akhirnya memicu peningkatan risiko terkena diabetes.

Gaya hidup lain yang membuat kita lebih rentan terkena diabetes adalah kebiasaan malas bergerak. Tak hanya karena faktor pekerjaan, semakin banyak orang yang malas berolahraga, malas berjalan kaki, namun sering mengonsumsi camilan tidak sehat. Kombinasi dari berbagai hal inilah yang membuat diabetes lebih mudah datang.

Artikel ini sudah tayang dilaman doktersehat.com dengan judul “Keturunan Penyebab Utama Diabetes?”/ https://doktersehat.com/keturunan-penyebab-utama-diabetes/

Editor Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s