Tajam, Dipercaya, Independent

Obat Eksim dan Cara Mencegah Agar Tidak Kambuh Kembali

detikriau.org — Eksim adalah kondisi di mana kulit meradang dan muncul ruam merah yang terasa gatal. Selain itu, kulit juga akan terasa kasar, kering, dan pecah-pecah. Terkadang eksim juga dibarengi dengan gejala seperti perubahan pigmentasi kulit, kulit yang menebal, berair, atau bahkan kulit yang mengeras.

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit jangka panjang atau penyakit kambuhan. Sehingga jika eksim sudah sembuh, eksim bisa berkemungkinan untuk kambuh kembali. Obat eksim berfungsi untuk meredakan gejala eksim, bukan mengobati secara total.

Penyabab eksim juga bisa bermacam-macam, tetapi umumnya eksim menyerang pemilik kulit kering dan sensitif. Tidak heran jika eksim sering menyerang bayi dan anak-anak yang memang memiliki kulit sensitif. Meskipun begitu, ada juga orang dewasa yang bisa terkena eksim.

Obat Eksim

Eksim bisa diatasi menggunakan obat. Terdapat beberapa jenis obat dengan berbagai bentuk yang dipercaya ampuh untuk mengatasi eksim dan juga sering diresepkan oleh dokter. Berikut adalah beberapa jenis obat eksim tersebut:

  1. Pelembab atau emolien

Obat eksim yang pertama adalah pelembap aatau moisturizer atau emolien. Seperti yang sudah disebabkan sebelumnya bahwa eksim biasa menyerang kulit kering. Pelembap merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit kering dengan cara mengoleskan krim pelindung di atas lapisan kulit.

Pelembab biasanya tidak hanya bekerja melembakan kulit tapi juga menyejukkan dan menghaluskan kulit. Ada banyak sekali jenis pelembab yang beredar di pasaran. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Diskusikan dengan dokter jika Anda ragu untuk memilih jenis pelembab yang sesuai untuk kulit Anda.

Selain dijadikan pengobatan, pelembab juga cenderung aman untuk digunakan setiap saat, sehingga Anda juga bisa menggunakan pelembab untuk mencegah eksim kambuh.

  1. Antibiotik

Jenis obat eksim yang kedua adalah antibiotik. Rasa gatal yang muncul pada eksim biasanya membuat kita ingin terus menggaruknya, akibatnya kulit pun mengalami infeksi. Pilihan terbaik untuk mengatasi infeksi tersebut adalah dengan menggunakan obat antibiotik.

Pada gejala eksim ringan, biasanya pasien akan disarankan untuk menggunakan antibiotik jenis salep atau krim. Jika jenis antibiotik ini tidak memungkinkan, maka akan diberikan antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul.

  1. Antihistamin

Eksim seringkali berkaitan dengan alergi. Antihistamin merupakan jenis obat untuk menangani gejala alergi. Antihistamin bekerja dengan cara menghentikan histamin yang merupakan unsur pemicu terjadinya ruam merah, gatal, hingga pembengkakan.

  1. NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs)

Obat-obatan NSAID juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat anti peradangan. Pilihlah jenis NSAID topikal (bentuk gel atau krim) untuk meredakan gejala eksim. Umumnya obat NSAID topikal mampu untuk menagtasi gejala eksim ringan hingga sedang. Salah satu jenis obat NSAID paling direkomendasikan untuk mengatasi eksim adalah Crisaborole.

  1. Obat kortikosteroid

Obat eksim selanjutnya yang ampuh untuk mengatasi eksim adalah jenis obat-obatan kortikosteroid yang merupakan obat antiinflamasi yang dapat meredakan berbagai gejala penyakit. Jenis obat ini tersedia dalam obat minum maupun obat topikal. Penggunaan obat kostikosteroid sangatlah penting untuk disesuaikan dengan anjuran dokter.

Umumnya jenis obat eksim yang satu ini dosisnya akan disesuaikan dengan eksim yang diderita. Semakin parah eksim, maka akan semakin tinggi juga resep obat kortokosteroid yang akan dianjurkan oleh dokter. Selain itu, obat kortikosteroid juga merupakan jenis obat yang bisa menimbulkan efek samping jika digunakan jangka panjang. Hal ini lah yang membuat obat kortikosteroid penting untuk digunakan di bawah pengawasan dokter.

 

Mencegah Eksim Kambuh atau Semakin Parah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa eksim adalah penyakit yang hampir tidak bisa sembuh secara total dan bisa dengan mudah kambuh kembali. Kebiasaan-kebiasaan kecil juga mungkin bisa membuat eksim semakin parah jika tidak Anda perhatikan.

Agar eksim tidak mudah kambuh dan obat eksim dapat bekerja dengan lebih maksimal, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Menjaga kelembapan kulit

Langkah pertama untuk mencegah eksim kambuh kembali adalah dengan menjaga kelembapan kulit dengan baik. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa pelembab juga aman untuk digunakan setiap hari sebagai pencegahan.

Pada dasarnya pelembab memang dibutuhkan oleh segala jenis kulit, bukan hanya kulit kering saja. Tetapi karena kebutuhan setiap kulit berbeda, maka pelembab yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

  1. Kenali benda yang membuat Anda alergi

Alergi bisa menjadi salah satu penyebab eksim. Sulit untuk menghindari alergi jika Anda tidak mengetahui benda apa saja yang bisa membuat Anda alergi. Jika Anda sudah mengenalinya Anda akan bisa lebih waspada dan lebih mudah untuk menghindarinya. Tidak hanya terhadap benda saja, sebagian orang juga bisa alergi terhadap makanan.

  1. Membersihkan kulit dengan cara yang benar

Menjaga kebersihan kulit adalah hal yang sangat penting. Tapi jangan asal bersih saja ketika Anda membersihkan kulit, perhatikan juga acara Anda membersihkan kulit. Mencuci muka atau mandi lebih sering akan membuat kulit Anda lebih bersih? Meskipun hal tersebut benar, kondisi ini ternyata tidak baik untuk kulit Anda.

Membersihkan kulit terlalu sering ternyata bisa menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit akan menjadi kering. Kulit kering adalah kulit yang lebih mudah terkena iritasi dan juga eksim. Jadi tidak perlu mandi terlalu lama ataupun mencuci muka berkali-kali dalam sehari.

Mandi dan mencuci wajah idealnya dilakukan dua kali saja dalam sehari. Waktu untuk mandi juga sebaiknya tidak melebihi 15 menit.

  1. Jangan menggaruk eksim

Eksim biasanya menimbulkan rasa gatal yang cukup mengganggu. Tahan diri Anda untuk tidak menggaruk eksim tersebut. Eksim yang digaruk akan semakin parah dan juga melebar. Bila perlu potong kuku Anda agar ketika Anda menggaruk tanpa sadar tidak akan memperparah iritasi.

  1. Hindari sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat kulit Anda terbakar dan mengalami iritasi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi. Selain itu, gunakanlah pakaian yang nyaman dan tidak membuat Anda gerah agar kulit tidak memproduksi keringat berlebih yang bisa membuat eksim terasa perih.

  1. Pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa membantu obat eksim bekerja dengan lebih maksimal. Pola makan dan pola tidur yang teratur serta rutin berolahraga bisa memperbaiki kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari stres, karena stres dipercaya dapat memperparah kondisi fisik, termasuk juga memperparah eksim.

Itu dia berbagai jenis obat eksim dan juga cara untuk mencegah eksim kambuh atau semakin parah. Pengobatan eksim memang tidak bisa dilakukan dengan instan sehingga dibutuhkan kesabaran dan juga konsistensi dalam menanganinya.

Jangan menggunakan sembarangan obat karena setiap obat bisa saja menimbulkan efek samping baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jika obat yang diberikan tidak mengurangi gejala sama sekali, segera konsultasikan dengan dokter agar diperiksa kembali dan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Artikel ini sudah tayang di doktersehat.com dengan judul “Obat Eksim dan Cara Mencegah Eksim Kambuh Lagi” / https://doktersehat.com/obat-eksim/

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s