Tajam, Dipercaya, Independent

Universitas Riau Berdayakan Masyarakat Desa Pulau Cawan Melalui Pelatihan Alih Teknologi

Mandah, detikriau.org – Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri HIlir menjadi desa binaan Universitas Riau untuk dilakukan berbagai macam pembinaan.

Kali ini, Tim dari Fakultas Perikanan dan Kelautan adakan pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui alih teknologi pembuatan makanan berbahan baku konsentrat protein setelah sebelumnya sukses dengan program binaan konservasi kawasan hutan mangrove. Ahad (19/8)

Menurut Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UR, Prof. Dr. Ir. Bintal Amin,  M.Sc , kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian UR kepada masyarakat.

“Kita menilai Desa Pulau Cawan mempunyai potensi yang sangat baik pada bidang  Perikanan,” ujar Bintal Amin.

Dijelaskan Bintal, tahun pertama UR telah menjalankan program konservasi kawasan mangrove. Melalui kegiatan itu diharapkan akan lestarinya hutan mangrove dan berdampak pada jaminan hasil tangkap nelayan.

Melimpahnya hasil tangkapan, secara ekonomi akan berakibat terjadinya penurunan harga jual.

“jika hasil tangkapan melimpah, mengantisipasi anjloknya harga jual, disamping tetap dipasarkan secara langsung, sebagiannya bisa diolah menjadi produk yang mampu memberi nilai tambah ekonomi lebih, seperti misalnya pengolahan makanan berbahan baku konsentrat protein tinggi yang pembinaannya kita lakukan saat ini” Urai Bintal

Desa Pulau Cawan dikatakan Bintal juga dekat dengan pantai solop. Nantinya nelayan bisa mengolahnya menjadi oleh-oleh kuliner khas Desa Pulau Cawan yang dipasarkan kepada wisatawan yang berkunjung dan tentu akan lebih memperkenalkan Desa Pulau Cawan kepada masyarakat luar, ” urainya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menyambut baik dengan dilakukannya pembinaan berupa pelatihan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan UR ini.

“Pastinya kita menyambut baik dengan dipilihnya Desa Pulau Cawan sebagai Desa Binaan,” Ungkap Kepalda DKP Inhil Mukhtar T

Program ini dinilai Mukhtar sangat bermanfaat dengan mengajarkan kepada ibu-ibu untuk mengolah ikan menjadi berbagai macam bahan makanan yang bernilai ekonomi tinggi.

“Jadi Bapak-bapak ke laut dan ibu-ibunya bisa mengolah hasil laut yang didapat menjadi berbagai macam jenis makanan yang memiliki protein ikan tinggi,” sampaikan Mukhtar.

Reporter: Rul    Editor: Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s