Pengusaha Pemula, Lakukan ini agar Bisnis Tak Buntung

Posted on Updated on

ilustrasi pengusaha pemula(Thinkstock.com)

Detikriau.org — Bukannya untung, tapi malah buntung! Begitulah kira-kira gambaran di dunia bisnis yang ternyata tak selalu sesuai harapan. Menjadi pengusaha sukses dan masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, tentu menjadi mimpi para pebisnis pemula.

Bermimpi setinggi langit memang tidak salah, tapi bagaimana cara Anda mampu melewati segala tantangan yang ada dalam dunia bisni tersebut?

Tak sedikit pengusaha pemula yang akhirnya memilih untuk mundur karena tidak mampu bersaing. Tidak sedikit pula yang akhirnya gulung tikar karena tidak mendapat suntikan dana yang cukup untuk mengembangkan bisnis.

Pun demikian, sebagai seorang pengusaha pemula, bayang-bayang akan kegagalan sebaiknya dibuang jauh-jauh terlebih dahulu dan berpikirlah hal-hal positif yang bisa membuat bisnis Anda nantinya meraih sukses. Agar kerja keras Anda untuk mendirikan sebuah usaha tidak menjadi sia-sia, lakukan hal berikut ini agar bisnis tak buntung dan meraih sukses di masa depan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Dunia Bisnis Memulai sebuah usaha tentu saja tidak boleh dengan tangan kosong. Artinya Anda harus memiliki ilmu bisnis paling dasar. Setidaknya untuk merancang konsep dan strategi seperti apa yang akan diambil untuk memulai perjalanan bisnis tersebut.

Sebagai contoh, ingin terjun ke bisnis kuliner. Maka Anda harus tahu persis makanan seperti apa yang bisa membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke restoran atau kafe Anda, dan lainnya. Ada banyak pemahaman mengenai bisnis, tidak hanya merancang konsep saja, tapi juga merancang metode pemasaran, promosi, dan manajemen kerja bisnis, serta pengelolaan keuangan. Untuk meningkatkan pemahaman di dunia bisnis, ikutilah berbagai pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan bisnis Anda.

2. Cari Ide-Ide Kreatif Sebelum Memulai Bisnis Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda geluti, misalnya bisnis kuliner, pakaian, maupun jasa, dan lainnya. Namun tak jarang justru Anda sering kebingungan untuk memilih satu jenis bisnis yang paling tepat. Agar tidak salah langkah, coba luangkan waktu untuk mencari ide-ide bisnis kreatif yang sesuai dengan passion Anda. Tentu saja, ide-ide kreatif terkadang tidak muncul begitu saja. Anda bisa mencari inspirasi dengan menghabiskan waktu di luar rumah. Dengan melihat keadaan sekitar, ide kreatif tersebut pun bisa saja muncul dengan sendirinya.

3. Buat Timeline dan Disiplin Manusia memiliki waktu yang sangat terbatas. Untuk itu, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis yang akan atau sudah Anda digeluti. Dalam satu hari, setidaknya sisihkan waktu selama 1 – 2 jam untuk mengembangkan konsep bisnis. Untuk menghindari rasa malas, buatlah timeline sebaik mungkin agar Anda tahu kapan harus memulai, sehingga bisnis yang dijalani dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

4. Nikmati Prosesnya Tidak hanya suka, tapi duka juga akan membanjiri perjalanan sebuah bisnis. Keadaan duka ini sering membuat orang putus asa. Tapi ingat, seburuk apapun masalah yang sedang dialami, nikmati prosesnya dan ambil hikmah dari masalah yang terjadi. Jadikan masalah tersebut sebagai proses pembelajaran yang akan mendewasakan Anda dalam mengembangkan bisnis. Sehingga setiap masalah bisa dilewati dengan baik dan membuahkan hasil yang optimal pula bagi perjalanan bisnis Anda di masa yang akan datang.

5. Curi Ilmu Pebisnis Sukses Orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dibandingkan orang yang baru saja terjun dalam bisnis. Nah, Anda bisa mencuri ilmu yang mereka miliki dengan cara bergabung ke dalam komunitas para pebisnis. Di dalam komunitas, Anda bisa mendapatkan banyak pelajaran yang nantinya bisa diterapkan langsung untuk mengembangkan bisnis yang sedang digeluti. Dengan demikian, perjalanan bisnis Anda pun akan terus berkembang dan membaik.

6. Lebih Bersabar dalam Mengembangkan Bisnis Setiap perjalanan bisnis akan mengalami yang namanya pasang-surut, seperti halnya ombak di pantai. Bisnis pun demikian, pasti tidak melulu dengan mudah meraih kesuksesan, tapi ada kalanya bisnis juga akan mengalami kegagalan. Jadi, sikapi kondisi pasang surut ini dengan lebih sabar agar Anda bisa berpikir jernih untuk mencapai sukses atau mengembalikan kesuksesan yang sudah diraih sebelumnya. Dan jangan lupa untuk pantang menyerah. Jangan Takut Jadi Pebisnis Pemula

Jangan Takut Jadi Pebisnis Pemula

Setiap kesuksesan selalu diawali dengan rintisan. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, jangan takut merintis mewujudkan bisnis impian. Anda hanya terus menggali ilmu bisnis sebanyak-banyaknya dan tak bosan untuk terus belajar pula bagaimana mengembangkan usaha yang baik. Jadi, jangan takut untuk memulai dan menjadi pebisnis pemula dengan menerapkan kiat-kita sukses berusaha di atas. Selamat berbisnis!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengusaha Pemula, Lakukan ini agar Bisnis Tak Buntung”, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/18/090000626/pengusaha-pemula-lakukan-ini-agar-bisnis-tak-buntung.

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.