Tajam, Dipercaya, Independen

Bangga, 3 Pulau Indonesia Jadi Pulau Terbaik di Dunia

Morning light on Mount Bromo, seen from Pananjakan 2 view point. Foto: Travelleisure

BELUM lama ini, Indonesia kembali mendapatkan pengakuan internasional. Kali ini, penghargaan diberikan langsung oleh salah satu situs travel kenamaan dunia, Travel and Leisure. Dalam situsnya, travelandleisure.com menyebut Pulau Jawa sebagai yang terbaik di dunia.

Awards ini sangat spesial buat Indonesia karena penghargaan itu diumumkan travelandleisure.com mendekati momentum Asian Games 2018. Selain itu, Indonesia juga sedang bersiap menggelar Annual Meeting IMF-World Bank. Seperti diketahui Travelandleisure.com adalah situs yang menjadi rujukan traveler dunia untuk bepergian.

Situs ini memuat referensi tentang destinasi di sebuah negara. Termasuk bagaimana transportasi menuju lokasi. Rujukannya adalah para pembaca dan traveler. Dalam artikelnya, travelandleisure.com menyebut jika survei World’s Best Awards mereka dilakukan setiap tahun.

“T+L bertanya kepada pembaca mengenai pengalaman travel mereka berkeliling dunia. Pembaca diajak untuk share opini mereka mengenai top kota, pulau, kapal pesiar, pesawat terbang, dan lainnya. Pembaca juga menilai pulau berdasarkan aktivitas, atraksi natural, pantai, makanan, keramahan, serta nilai keseluruhan,” tulis travelandleisure.com di situsnya.

Tahun ini, pembaca travelandleisure.com memilih Pulau Jawa sebagai yang terbaik. Yang lebih hebat, posisi kedua dan ketiga juga dikuasai Indonesia. Yaitu melalui Bali yang menempati posisi 2 serta Pulau Lombok di tempat ketiga. Berturut-turut di belakang Indonesia adalah Maladewa, Waiheke Selandia Baru, dan Palawan Filipina.

Dominasi Indonesia ini sangat mengejutkan. Karena, mampu mengalahkan Pulau Palawan yang menjadi juara tahun 2013 dan 2017. Keindahan Maladewa juga tidak mampu menghadapi tiga pulau di Indonesia.

“Faktanya, Indonesia memiliki pulau yang bisa membawa kebahagiaan dan berguna buat ilmu pengetahuan, dan Indonesia mengklaim tiga tempat teratas sebagai tempat membuat orang enjoy untuk berkunjung,” tulis artikel itu.

Mendengar kabar tersebut, Presiden Joko Widodo pun menyambutnya dengan gembira. Melalui sebuah video yang diunggah ke dalam instagram pribadinya, Jokowi mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih Pulau Jawa.

“Dari petualangan dalam kota Jakarta yang mendebarkan hingga pengalaman mistis di candi-candi tua seperti Borobudur di Magelang. Atau ke Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, rumah bagi badak Jawa yang terancam punah.

Begitulah situs perjalanan Travel and Leisure menggambarkan kekayaan Pulau Jawa yang menjadi lokasi empat situs warisan dunia UNESCO. Situs ini kemudian memilih Pulau Jawa sebagai The Best Island in The World 2018 — pulau terbaik di dunia.

Saya menyambut gembira penghargaan yang datang menjelang Asian Games 2018 dan IMF-World Bank Annual Meetings 2018 ini. Apalagi, hasil survei World’s Best Awards yang dilakukan setiap tahun oleh situs itu juga menempatkan Bali dan Lombok di posisi dua dan tiga,” tulis Jokowi pada keterangan foto.

Penghargaan kelas dunia ini juga mendapat sambutan luar biasa dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dijelaskannya, penghargaan ini akan menambah kepercayaan diri Indonesia yang akan menggelar Asian Games dan Annual Meeting IMF-World Bank. Yang tidak kalah penting, award dari Travel and Leisure akan memperkuat 3C (Confidence, Credibility, dan Calibration).

“Penghargaan ini memiliki nilai yang sangat luar biasa. Hal ini membuktikan jika potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia telah merata. Sebab sebelumnya, award didominasi Bali dan Lombok. Penghargaan ini juga bagus bagi Bangsa Indonesia yang sedang bersiap menjadi tuan rumah Asian Games dan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank,” paparnya.

sumber: lifestyle.okezone.com

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.