Hasil Penilaian Proper Terkesan Subjektif, Peserta Diklatpim PPSDM Regional Bukit Tinggi Ngaku Kecewa

Posted on

Bukittinggi, detikriau.org — Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan 3 Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Regional Bukittinggi mengaku kecewa.  Penilaian hasil Proyek Perubahan (Proper) dinilai subjektif.

Sejumlah peserta mengatakan, penilaian yang diberikan oleh tim penilai terkesan asal – asalan dan indikatornya pun tidak sesuai, seperti ada ‘faktor – faktor’ lain di luar kriteria penilaian yang menentukan keberhasilan seorang peserta.

“Kami kan sama – sama peserta jadi tahu persis seperti apa kegiatan yang sudah kawan kawan itu buat,” sampaikan salah seorang sumber dari salah seorang peserta yang enggan dipublikasikan namanya, Senin (13/8/2018).

Peserta yang mengeluh, menyebutkan bahwa mereka telah bekerja maksimal dengan membuat Proper yang inovatif. Tenaga, waktu dan pikiran telah dipersembahkan untuk kesuksesan proyek yang dikerjakan.

“Tidak hanya itu, dukungan dari berbagai pihak pun telah mengalir. Namun, dengan penilaian yang seperti ini,  kami harus mendapat kekecewaan,” tukasnya bernada sedikit kesal.

Beberapa peserta yang kecewa, mengklaim bahwa mereka siap untuk mengikuti uji ulang oleh penyelenggara guna mendapatkan hasil evaluasi yang benar – benar objektif.

“Kami meragukan kompetensi pihak yang memberikan penilaian. Kami siap mengajukan banding, karena kami merasa apa yang sudah kami buat bukan asal asalan tapi dengan susah payah dan pengorbanan tapi setelah melihat hasil, kami seperti di campakkan,” ungkapnya.

Kekecewaan para peserta Diklatpim tersebut disampaikan sesaat setelah penutupan sekaligus pengumuman hasil evaluasi oleh panitia penyelenggara.

Sementar itu, pada acara penutupan, Kepala PPSDM Regional Bukit Tinggi, Sukriadi Sawai menyatakan, bahwa penilaian yang diberikan telah sesuai dengan rencana aksi proyek perubahan yang dibuat oleh para peserta dan implementasinya.

“Dasar penilaian kami meliputi dukungan stakeholder baik dari sisi manfaat proyek perubahan yang dihasilkan, termasuk penilaian terhadap sikap, kehadiran, kedisiplinan, keaktifan di kelas, prilaku, termasuk cara berkomunikasi selama pelatihan berlangsung,“ ujarnya saat mengumumkan peringkat penilaian.

Sementara itu, Plt. Kepala Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan Pusat, Dra. Hj. Erliani Budi Lestari, M.Si, yang turut hadir, memberikan apresiasi bagi para peserta yang telah melewati seluruh tahapan Diklatpim selama beberapa bulan.

“Saat ini adalah akhir dari berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka menciptakan kompetensi para pejabat di wilayah PPSDM Regional Bukittinggi,” ujarnya saat memberi sambutan di acara penutupan tersebut.

Erliani Budi Lestari berharap, proyek perubahan yang dibuat oleh para peserta dapat diimplementasikan dan dapat menjadi program inovatif di masing – masing instansi./*

Editor: Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.