Tajam, Dipercaya, Independen

Pemerintah Lelang 6 Blok Migas, Ini Daftarnya

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali melelang enam blok minyak dan gas (migas) yang sudah siap diproduksi dan eksplorasi.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan enam blok yang akan dilelang ini masing-masing ada tiga blok produksi dan tiga blok eksplorasi.

“Pemerintah umumkan penawaran wilayah kerja (WK) migas, ada 3 WK eksplorasi yang diumumkan dan 3 WK produksi total ada 6 WK,” kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Dia menyebutkan, tiga WK eksplorasi yang akan dilelang adalah Blok Banyumas, Blok Andika Bumi Kita, dan Blok South East Mahakam.

Blok Banyumas memiliki luas 3.611,98 km2 yang berada di wilayah antara Jawa Tengah-Jawa Barat dengan minimum signature bonus US$ 500.000. Blok Andika Bumi Kita memiliki luas 8.340 km2 yang berada di wilayah offshore Jawa Timur dengan minimum signature bonus US$ 500.000. Blok South East memiliki luas 1.525,89 km2 berada di wilayah offshoreKalimantan Timur dengan minimum signature bonus US$ 500.000.

“Ini kemarin lelang tahap pertama yang banyak peminat. Kita lelang karena badan usaha butuh waktu,” jelas dia.

Sedangkan untuk WK produksi, yakni Blok Makassar Strait, Blok South Jambi B, dan Blok Selat Panjang. Seluruh blok yang dilelang ini minimum signature bonus-nya sebesar US$ 5 juta.

Blok Selat Panjang memiliki luas 1.316,6 km2 di wilayah onshore Riau. Blok South East Mahakam memiliki luas 1.539,30 km2 berada di onshore Jambi dan Blok Makassar Strait memiliki luas 1.555 km2 yang berada di offshoreSelat Makassar.

Djoko menjelaskan waktu lelang untuk WK produksi baru dibuka pada 14 Agustus sampai 20 September 2018 untuk memasukkan dokumen. Tahapan kualifikasi dokumen dilakukan ada 21-28 September 2018, dan tahapan terakhirnya pada 12 Oktober 2018.

Sedangkan untuk WK eksplorasi dimulai pada 14 Agustus-10 Desember 2018, kualifikasi dokumen pada 16 Agustus-29 November, dan tahapan terakhirnya pada 10 Desember 2018.

“Kita umumkan lelang besok 14 Agustus bisa di download online untuk peserta lelang,” tutup dia.

sumber: detikcom

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.