Tajam, Dipercaya, Independent

Ini yang Bikin Dolar AS Tembus Rp 14.600 Hari Ini

Jakarta – Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah kian menunjukkan penguatan. Pada hari ini rupiah anjlok ke posisi terdalamnya tahun ini di angka Rp 14.600-an.

Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartaty mengatakan, nilai tukar rupiah ditentukan lewat permintaan dan penawarannya oleh para investor. Kondisi neraca perdagangan yang defisit membuat rupiah terus menjauh dari kata stabil.

Tekanan terhadap current account deficit (CAD) dinilai masih tinggi, apalagi menjelang akhir tahun Indonesia membutuhkan banyak sekali transfer devisa seperti pembayaran upah tenaga kerja asing dan impor.

“Sehingga tekanan ini yang dikalkulasi oleh pasar apakah ketersediaan valas yang kita hasilkan dari ekspor itu cukup nggak memenuhi valas untuk kepentingan-kepentingan tersebut. Apalagi kalau kita lihat memang tren harga minyak dunia ini masih belum berhenti sehingga itu berpotensi untuk terjadinya defisit neraca perdagangan dari sektor migas,” katanya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Hal ini menurut Enny membuat dolar kian perkasa terhadap rupiah tak hanya faktor kenaikan bunga acuan the Fed. Faktor peristiwa politik di dalam negeri juga dianggap menyumbang sentimen negatif terhadap rupiah.

“Tetapi peristiwa politik ini hanya trigger, jangka temporrary. Sehingga kuncinya adalah faktor fundamental tadi. Dan sekali lagi itu bukan kebijakan fed fund rate, karena kebijakan itu sudah diketahui seluruh dunia sejak dua tahun lalu. Sehingga yang harus benar-benar dievaluasi adalah kinerja dalam negeri kita dan paling langsung adalah kinerja neraca perdagangan dan pembayaran,” ujar Enny.

sumber: detikcom

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s