Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati Rencanakan Rombak “Kabinet”. Pesan Masyarakat: Pilih Pejabat yang Utamakan Pengabdian

foto ilustrasi: media indonesia

Tembilahan, detikriau.org – Masyarakat meminta Bupati Inhil HM Wardan untuk benar-benar berkomitmen menempatkan pejabat-pejabat yang serius dan rela bekerja keras demi kemajuan daerah.

Selama ini dinilai masih banyak pejabat hanya mengejar posisi jabatan lebih kepada pertimbangan ekonomi pribadi.

“kita berharap banyak agar Bupati benar-benar mempertimbangkan secara fair, jujur dan terbuka agar diperiode kedua kepemimpinannya nanti, Inhil benar-benar dapat bergerak lebih maju dan maksimal dalam upaya  meningkatkan kesejahtaeraan masyarakatnya,” Sarankan seorang warga Tembilahan, Iwan melalui detikriau.org, senin (6/8/2018)

Menurut penilaian Iwan, selama ini, SKPD dengan tumpukan “uang” relatif besar selalu menjadi rebutan. Banyak pejabat berupaya keras untuk bisa menduduki jabatan empuk itu.

Namun sayangnya setelah berhasil, pejabat-pejabat itu nyatanya lebih sibuk “memanajemen uangnya” untuk mendapatkan keuntungan pribadi bukan mengutamakan tujuan utama, demi kesejahteraan masyarakat.

Sudah menjadi rahasia umum, kata Iwan juga, setiap musim proyek, tidak sedikit tersiar kabar komitmen fee yang harus diserahkan untuk mendapatkan pekerjaan suatu proyek.

Bahkan tidak satu dua kali juga terdengar, komitmen fee itu dijajakan oleh oknum-oknum tertentu yang mengaku orang suruhan si pejabat.

Upaya pemulusan “pengutipan” juga diatur rapi. Bawahan “loyal” diinstansi yang dipimpin-pun bekerja senada. Semua dalam satu komando.

Tidak sanggup memenuhi, “hanya mimpi” untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

“memang relatif sulit mecari bukti pasti. Tapi siapapun yang bermain dilingkaran itu pasti mengetahui praktik ini atau setidaknya pernah mendengar. Saya pastikan ini bukan kabar hoax,” Tegaskan Iwan

Menurut Iwan juga, pejabat-pejabat yang menduduki jabatan di “SKPD gemuk”, terlabelkan lebih bonafit. Sedangkan pejabat di posisi “SKPD kurus” kerap lebih terkesan kurang percaya diri.

“harusnya sebagai seorang PNS, jabatan bukan tujuan utama karena semuanya sama saja, yakni pengabdian,”Imbuhnya

Untuk itu, saat tersiarkan kabar Bupati Inhil akan kembali merombak “kabinet”nya, Iwan berharap usulannya ini menjadi salah satu pertimbangan. Tempatkan pejabat sesuai bidang keahlian dan terpenting tentulah pejabat-pejabat yang benar-benar berniat serius memberikan pengabdian kepada masyarakat bukan semata mengejar materi.

“siapa orangnya, bukan kapasitas saya untuk memberikan penilaian. Bupati pasti mempunyai penilaian yang lebih baik. Saya yakin HM Wardan sosok yang baik. Tidak hanya jabatan Bupati, jabatan yang lebih tinggipun insyaallah mampu diamanahkan, asalkan didukung oleh bawahan-bawahan yang memiliki satu komitmen untuk kesejahteraan masyarakat.” Akhirinya./red

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s