Tajam, Dipercaya, Independent

Sekda Inhil: Kelapa Komoditas Strategis yang Miliki Peran Penting

Sekda Inhil H Said Syarifuddin tampak terlibat perbincangan serius dengan Ahli Kelapa Dunia, Prof Wisnu Hardjito menjelang dilaksanakannya kegiatan seminar Vision Workshop perkelapaan di Gedung Engkau Kelana, Tembilahan, Selasa (24/7/2018) kemaren

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin mengatakan bahwa kelapa menjadi salah satu komoditas strategis yang memiliki peran yang sangat penting.

Sebab katanya, selain sebagai sumber pendapatan, kelapa juga sebagai sumber bahan baku industri.

“Kelapa memiliki banyak manfaat dan dapat diolah menjadi berbagai produk seperti minyak goreng, santan kelapa, minuman air kelapa, nata de coco, virgin coconut oil (vco), breket, bungkil, gula kelapa dan lain sebagainya,” kata Said Syarifuddin, kemarin.

Apalagi saat ini, daerah Kabupaten Inhil sudah memiliki 5 industri besar yang bergerak di industri hilir kelapa dan produk turunannya. Dimana, pemasaran hasil produk dikirim ke berbagai negara dan dalam negeri sendiri.

“Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa komoditas kelapa memiliki potensi yang sangat besar, dan oleh karena itu perkebunan kelapa patut untuk kita jaga dan pertahankan,” tambahnya.

Meskipun demikian, lanjut Sekda, perlu diakui bahwa masih ada beberapa permasalahan yang berkaitan dengan perkelapaan seperti rendahnya produksi dan produktivitas perkebunan kelapa

Terlebih lagi, akhir-akhir ini yang sangat menjadi sorotan ditengah-tengah masyarakat tentang turunnya harga kelapa yang berimbas pada petani dan pelaku usaha kelapa.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah, Sekda Inhil menyambut baik berbagai kegiatan yang membahas tentang perkelapaan dengan tujuan mencari solusi untuk meningkatkan hasil kelapa kedepannya, terkhusus kegiatan Vision Workshop yang digagas oleh Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI) di Engkau Kelana kemarin./adv

Reporter: mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s