Tajam, Dipercaya, Independent

Dipusatkan di Desa Teluk Tuasan, Sekda Riau Hadiri Peresmian Penyalaan Listrik di 24 Desa di Riau

Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi (tengah berbaju putih)

GAS, detikriau.org – dipusatkan di Desa Teluk Tuasan Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, H. Ahmad Hijazi SE, MSi didampingi General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra lakukan penyalaan listrik Desa pada 24 lokasi di Provinsi Riau. Turut hadir mewakili Plt Bupati Inhil, Asisiten I, Sudinoto. Selasa, (15/5/2018).

Dalam sambutannya Hijazi mengungkapkan bahwa  Pemerintah Riau patut bersyukur kepada Allah SWT, khususnya masyarakat yang berada pada 24 desa. Selama ini, Desa-desa itu belum mendapatkan pasokan listrik. Jikapun ada, pasokan listrik kebanyakan hanya menyala pada malam hari. Lama pasokan penerangan sangat bergantung kepada kemampuan masyarakat membeli minyak untuk mengoperasionalkan mesin diesel yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat Desa.

“Ini patut disyukuri karena saat ini ke 24 desa dapat menikmati listrik selama 24 jam dan pengelolaannya langsung oleh PLN.” Sampaikan Sekdaprov

Menurut Sekdaprov, selesainya Infrastruktur listrik desa ini mewujudkan impian warga untuk mendapatkan listrik maksimal dengan biaya relatif terjangkau.

Sementara itu, General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Irwansyah  mengungkapkan, dengan tambahan 24 desa itu, hingga Mei  2018  PLN telah melistriki sebanyak 1.672 desa dari 1.835 desa yang ada di Propinsi Riau yang serta merta menjadikan rasio desa berlistrik menjadi 91,1 %.

Irwansyah mengakui banyak tantangan yang dihadapi PLN dalam upayanya melistrik desa-desa di Riau, seperti yang terjadi di Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti.

“Hampir semua sisa desa yang belum berlistrik terkendala pada pengiriman peralatan listrik karena harus melalui sungai dan anak-anak sungai bahkan untuk mencapai lokasi, petugas hurus bergotong royong dengan warga memikul tiang-tiang listrik serta material listrik utama, hal ini dikarenakan akses jalan untuk dilewati kendaraan pengangkut material distribusi utama tidak memadai,” sampaikan Irwansyah.

Pada kesempatan ini PLN juga membagikan bantuan PLN Peduli  bagi 200 warga yang tinggal di desa  Teluk Tuasan kecamatan Gaung Anak Serka Indragiri Hilir

” Ini sebagai wujud kepedulian PLN bagi warga desa Teluk Tuasan, adapun dana bantuan ini berasal dari CSR dan YBM PLN.” Akhiri Irwansyah./ rul

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s