Tajam, Dipercaya, Independent

KPU Inhil Sosialisasikan Aturan Tentang Pencalonan Anggota Legislatif Pemilu 2019

Divisi Teknis KPU Inhil, Muhammad Dong saat memberikan penjelasan. Foto: Arsip detikriau.org

Tembilahan, detikriau.org – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir Sosialisasikan Aturan Tentang Pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019 yang dilaksanakan di Aula salah satu Hotel di Jalan H Sadri Tembilahan, senin (23/4/2018).

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Inhil, H Suhaidi didampingi oleh dua komisioner ini juga dihadiri oleh pihak Polres dan Dandim 0314 Inhil serta sejumlah mahasiswa dan dan perwakilan 16 Parpol peserta Pemilu 2019.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Inhil menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting yakni agar nantinya proses pencalonan yang akan dilakukan oleh masing-masing parpol bisa dilakukan sesuai aturan sehingga menjadi sah dan legal.

“Kita berharap sosialisasi ini akan dapat memberikan pengetahuan dasar bagi masing-masing parpol dalam melalui seluruh proses agar sesuai dengan ketentuan aturan,” Ujar Suhaidi

Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU menurut Suhaidi berharap pemilu serentak Legislatif dan Eksekutif yang baru kali pertama dilakukan pada 2019 nanti akan mampu menghasilkan pemimpin terbaik sehingga memberikan dampak perubahan Indonesia yang lebih baik dan maju.

Sementera itu, Divisi Teknis KPU Inhil, Muhammad Dong menjelaskan bahwa aturan pencalonan anggota Legislatif Pemilu 2019 ini masih sebatas rancangan, namun mengingat  tanggal dimulainya proses pencalonan yang terbilang sudah semakin dekat (4 juli 2018. Red) tentunya sosialisasi dirasa perlu untuk disegerakan.

“Mengingat proses ini dibatasi waktu maka kami berinisiatif agar tahapan dan proses pencalegan ini harus segera disebarluaskan untuk memudahkan parpol mempersiapkan segala hal agar tidak menyalahi aturan. kalaupun nanti ada perobahan, saya rasa perobahannya tidaklah terlalu signifikan dan kita akan sosialisasikan kembali setelah menjadi ketetapan.” Ujar M Dong

Diterangkan M Dong, disamping  mengetahui jadwal waktu proses pencalegan,  dengan sosialisasi ini, setiap parpol juga bisa mempersiapkan beberapa hal terkait dokumen-dokumen yang diperlukan oleh masing-masing caleg. / Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s