Kami sampaikan kabar untuk anda

Peringatan Rasulullah untuk Kaum Ibu

Ilustrasi ibu yang sedang memarahi anak lai-lakinya.
Foto : Musiron / Republika ;
23 Maret 2007 ;

detikriau.org — Mengurus anak menjadi tantangan tersendiri bagi kaum ibu, terlebih saat anak sedang menginjak masa dimana rasa ingin tahunya meningkat. Tak aneh, keaktifan serta rasa penasaran anak yang tinggi ini membuahkan keresahan ibu.

Namun masih banyak ibu yang tak mampu membendung keresahannya. Mereka meluapkannya dengan cara yang salah, seperti membentak, berkata kasar, bahkan memaki anak. Perkataan inilah yang harus dihindari. Allah selalu mendengar apa pun yang diucapkan seorang ibu, apakah perkataan baik atau buruk.

Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu mendoakan kejelekan atas dirimu dan anak-anakmu serta untuk hartamu. Dan juga jangan sampai doa yang kamu panjatkan bertepatan pada waktu yang mustajab” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga sangat melarang kaum ibu mendoakan keburukan bagi anak-anaknya. Doa ibu adalah salah satu doa yang paling mustajab.

“Janganlah sekali-kali kamu mendoakan kejelekan atas anak-anakmu, (yang dikhawatirkan) doa tersebut benar-benar terjadi dan menimpa mereka” (HR. Muslim).

Sudah sepatutnya seorang ibu menjadi tauladan bagi anak-anaknya, selain dengan memberikan contoh dengan perbuatan, ibu juga perlu membimbing anak dengan perkataan yang halus dan menenangkan. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dengan pribadi yang lembut.

sumber: khazanah.republika

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.