Tajam, Dipercaya, Independent

Peringatan Rasulullah untuk Kaum Ibu

Ilustrasi ibu yang sedang memarahi anak lai-lakinya.
Foto : Musiron / Republika ;
23 Maret 2007 ;

detikriau.org — Mengurus anak menjadi tantangan tersendiri bagi kaum ibu, terlebih saat anak sedang menginjak masa dimana rasa ingin tahunya meningkat. Tak aneh, keaktifan serta rasa penasaran anak yang tinggi ini membuahkan keresahan ibu.

Namun masih banyak ibu yang tak mampu membendung keresahannya. Mereka meluapkannya dengan cara yang salah, seperti membentak, berkata kasar, bahkan memaki anak. Perkataan inilah yang harus dihindari. Allah selalu mendengar apa pun yang diucapkan seorang ibu, apakah perkataan baik atau buruk.

Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu mendoakan kejelekan atas dirimu dan anak-anakmu serta untuk hartamu. Dan juga jangan sampai doa yang kamu panjatkan bertepatan pada waktu yang mustajab” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga sangat melarang kaum ibu mendoakan keburukan bagi anak-anaknya. Doa ibu adalah salah satu doa yang paling mustajab.

“Janganlah sekali-kali kamu mendoakan kejelekan atas anak-anakmu, (yang dikhawatirkan) doa tersebut benar-benar terjadi dan menimpa mereka” (HR. Muslim).

Sudah sepatutnya seorang ibu menjadi tauladan bagi anak-anaknya, selain dengan memberikan contoh dengan perbuatan, ibu juga perlu membimbing anak dengan perkataan yang halus dan menenangkan. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dengan pribadi yang lembut.

sumber: khazanah.republika

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s