Jangan Konsumsi Kopi Lebihi 16 gram per Hari. Akrilamida Picu Timbulnya Kanker

Posted on

foto ilustrasi kopi; net

Detikriau.org – Kopi yang dipanggang dalam waktu yang lama akan menyebabkan timbulnya senyawa yang dinamai akrilamida. Akrilamida adalah karsinogen atau zat yang dapat memicu timbulnya kanker pada tubuh manusia.

Di lansir washingtonpost.com, Seorang hakim Los Angeles, Eihu Berle memutuskan bahwa undang-undang California mewajibkan Starbucks dan 90 perusahaan penjual kopi lainnya untuk memasang label peringatan bahaya kanker pada kopi dagangan mereka.

Perusahaan-perusahaan tersebut dituntut oleh kelompok nirlaba yang berbasis di California. Berdasarkan hukum negara, apabila ada makanan yang mengandung zat akrilamida tersebut, maka harus dijual dengan disertai peringatan.

Sementara itu, hasil penelitian prodi farmasi universitas Islam Indonesia (UII) yang dilansir  laman jurnal.uui.ic.id menerangkan bahwa Akrilamida memang terbukti merupakan salah satu zat yang dapat menyebabkan kanker pada manusia dan bersifat neurotoksik.

Akrilamida dapat terbentuk akibat pemanasan suhu tinggi terhadap makanan yang mengandung karbohidrat dan asam amino. Karbohidrat dan asam amino merupakan senyawa utama yang terkandung dalam biji kopi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah akrilamida pada serbuk kopi dan kopi instan yang beredar di masyarakat.  Metode analisa akrilamida dilakukan pada serbuk kopi dan kopi instan dengan metode kromatografi cair kinerja tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan, kadar akrilamida dalam serbuk kopi dan kopi instan dinyatakan aman berdasarkan FDA apabila dikonsumsi tidak melebihi 16 g/hari./ red

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.