Derita Penyakit Ini ? Coba Obati dengan “Putri Malu”

Posted on

Foto tanaman putri malu: Net

detikriau.org – Putri malu namanya. Di Inhil, tanaman ini sangat mudah ditemukan. Biasanya ia kerap ditemui tumbuh dipinggir jalan dan pekarangan rumah. Dulunya tanaman ini hanya jadi hiburan buat anak-anak. Jika disentuh, daun tanaman dengan batang kecil berduri ini akan menutup. Tapi tahukah anda bahwa tanaman yang selama ini hanya dianggap sebatas gulma itu memiliki manfaat yang sangat istimewa?

Dikutip dari laman tribunnews.com, tanaman yang juga bernama, makahiya (Filipina, berarti “malu”), mori vivi (Hindia Barat), nidikumba (Sinhala, berarti “tidur”), dan mate-loi (Tonga, berarti “pura-pura mati”) ini mengandung mimosin, tanin dan juga asam pipekolinat yang ternyata ampuh untuk mengobati beberapa penyakit pada manusia.

Mengobati Batuk

Buat kamu yang menderita batuk apalagi disertai dahak, maka cobalah meminum air rebusan putri malu. Rebus 10 hingga 15 gram putri malu dengan air secukupnya hingga mendidih, minum airnya ketika sudah dingin.

 Mengobati Hepatitis

Rebusan putri malu ternyata juga dapat mengobati penyakit hepatitis.

Caranya cukup gampang, yaitu rebus putri malu sebanyak 15 gram dengan air 200 cc sampai mendidih kurang lebih selama 15 menit. Selanjutnya rebusan ini diminum secara rutin .

 Mengobati Bronkitis

Salah satu penyakit paru-paru, bronkitis juga bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Cukup dengan 60 gram akar putri malu ditambahkan kurang lebih 600 cc air dan direbus hingga menyisakan air kurang lebih 200 cc. Selanjutnya rebusan ini bisa diminum dua kali.

Mengobati susah tidur

Untuk mengobati susah tidur atau insomnia, kamu cukup merebus 50 gram tumbuhan putri malu dengan air secukupnya. Kosumsilah secara teratur dan rasakan khasiatnya.

Namun perlu juga diingat, segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, hentikanlah untuk mengkosumsi ramuan putri malu jika dirasa sudah banyak perubahan dan kemajuan.

Satu hal yang perlu diingat juga, sebaiknya wanita yang sedang hamil sangat dilarang mengkosumsi tumbuhan ini karena berdampak buruk untuk janin.

Selain itu, penggunaan akar putri malu dalam jumlah dosis yang banyak bisa berujung keracunan dan muntah-muntah./red

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.