Tajam, Dipercaya, Independent

Bekerjasama dengan PMI, Brimaspala UNISI Taja Aksi Donor Darah Sukarela

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Brigade Mahasiswa Pecinta Alam (Brimaspala) Universitas Islam Indragiri (UNISI) menggelar donor darah massal secara sukarela di Lapangan FKIP UNISI Jalan Soebrantas, Tembilahan, Sabtu (10/3/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung dalam rangka aksi sosial Brimaspala UNISI yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Indragiri Hilir (Inhil) yang dimeriahkan oleh kalangan mahasiswa dan umum.

Saat itu, kegiatan dibuka resmi oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Ilyas S.Kom M.Kom dan dihadiri Ketua Formadiksi Unisi Alex beserta wakilnya, anggota PMI Kabupaten Inhil, Dokter Umum Puskesmas Gajah Mada dr Nia Kurnia, anggota Tunas Brimaspala, Mahasiswa Unisi, Civitas Akademika dan masyarakat umum lainnya.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut, karna saat ini minimnya kebutuhan darah di Inhil. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang membutuhkan darah untuk keperluan kesehatan,” harap Wakil Rektor III.

Senada, Ketua Pelaksana kegiatan, Sukmawati juga menuturkan hal yang serupa. Bahkan katanya, kegiatan ini untuk aksi kemanusiaan sebagai bukti bahwa mahasiswa untuk masyarakat, mahasiswa selalu ada dan ikut serta dalam segala kegiatan yang membutuhkan bantuan sosial serta lainnya.

Ia menjelaskan, tujuan utama aksi sosial tersebut adalah selain membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI juga mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui donor darah.

“Tujuan utama kegiatan sosial ini adalah meningkatkan kesadaran pentingnya melakukan donor darah. Tujuan lainnya, adalah membantu Palang Merah Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak stok darah dan mendorong gaya hidup sehat bahwa mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat,” katanya.

Sementara itu, Dokter Umum PMI, Nia Kurnia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Brimaspala UNISI atas pelaksanaan kerjasama kegiatan donor darah tersebut, sebab kegiatan seperti itu memang diharapkan terus terlaksana demi menambah stok darah untuk pasien yang membutuhkan.

“Pada saat ini kebutuhan darah di Kabupaten Inhil sebanyak 600 kantong setiap bulannya, sementara di PMI sering kehabisan kantong darah. Maka dari itu, PMI mengadakan Donor Darah Sukarela (DDS) di setiap daerah, setiap kantor dan Universitas, PT dan lainnya. Dan itulah yang dapat membantu pihak PMI untuk mendapatkan darah,” imbuhnya./mirwan

Iklan

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s