Kami sampaikan kabar untuk anda

Bahaya Produk Pembersih Rumah Sama dengan Merokok Sebungkus

foto: net

Detikriau.org – Jangan kira bahwa produk pembersih rumah yang bisa membasmi kuman tidak memiliki bahayanya sendiri pada kesehatan tubuh manusia. Sebuah studi longitudinal yang dilakukan selama 20 tahun oleh para ilmuwan di University of Bergen di Norwegia, telah menemukan bahwa bahaya menggunakan produk pembersih rumah sama dengan merokok sebanyak 20 batang sehari. 

Seperti dilansir dari Fortune, Minggu, 10 Maret 2018, survei yang dilakukan European Community Respiratory Health bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai efek jangka panjang penggunaan produk pembersih rumah. Studi tersebut berisi pengamatan fungsi paru-paru pada 6.230 peserta studi di 22 lokasi di seluruh dunia.

Para peneliti membandingkan berapa lama mereka menggunakan produk pembersih rumah, dan bagaimana kondisi paru-paru mereka seiring dengan penggunaan produk pembersih tersebut. Studi tersebut lantas menemukan bahwa wanita yang membersihkan rumahnya menggunakan produk pembersih yang mengandung zat kimia yang biasa dijual di pasaran, memiliki penurunan efektivitas paru-paru lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita yang tidak membersihkan rumah mereka.

Berdasarkan hasil studi itu, peneliti mengatakan paparan bahan kimia dalam pembersih dapat merugikan kesehatan wanita dalam jangka panjang. Penggunaan produk pembersih rumah selama 10 sampai 20 tahun, memiliki efek yang sama dengan menghisap sebungkus rokok per hari untuk jumlah waktu yang sama.

Ini adalah survei pertama yang melihat dampak penggunaan produk pembersih rumah dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dilakukannya studi tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan produk pembersih yang berdampak pada penyakit pernapasan seperti asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Sumber: viva.co.id

Tagged as: ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.