Tajam, Dipercaya, Independent

Bantuan Dana Hibah dikantongi Ketua, PRSI Inhil Tunggak Pembayaran Sejumlah Kewajiban

Tembilahan, detikriau.org – Pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Indragiri Hilir dituding belum melunasi honorarium bagi sejumlah pelatih renang. Hak 3 orang pelatih selama 3 bulan pada masa pembinaan menjelang Porprov Riau 2017 yang lalu di Kampar itu disebutkan sebesar Rp 13,5 juta.

Padahal, nilai kewajiban ini sudah diperhitungkan dari total Rp. 115 juta dana hibah yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten melalui KONI Inhil bagi cabang olahraga renang.

“Sampai hari ini hak kami serupiahpun belum diberikan. Pastinya kami sangat kecewa,” Sampaikan salah seorang pelatih renang, Asnan kepada detikriau.org akhir Desember 2017 yang lalu di Tembilahan

Dalam kesempatan pemberian pernyataan saat itu, mengaku mewakili rekan pelatih lainnya, Asnan berharap Honorarium ini dapat segera dibayarkan.

Dikomfirmasi terkait keluhan pelatih renang ini, Sekretaris Umum PRSI Inhil, Ari Permana, tidak menampik. Ari juga membenarkan bahwa hingga hari ini hak para pelatih renang memang belum dibayarkan. Bahkan menurutnya bukan hanya hak pelatih renang, beberapa kewajiban lainnya seperti Uang saku atlit, Sewa rumah kost bagi atlit dan Honorer petugas ADM juga belum terlunasi.

Menurut Ari juga, bantuan Hibah yang disalurkan melalui KONI Inhil bagi Cabor Renang sebesar Rp. 115 juta itu baru diberikan sebesar Rp 103,5 Juta.

“Sisa dana Hibah sebesar Rp 11,5 Juta belum ditranfer KONI Inhil ke rekening PRSI Inhil. Informasi terakhir yang saya terima, sisa dana ini sudah dikembalikan KONI Inhil ke Kas Daerah,” Ujar Ari menjawab komfirmasi, kemaren di Tembilahan

Sekretaris Umum PRSI Inhil bertitel S.Pd ini menerangkan bahwa belum dilunasinya sejumlah kewajiban itu disebabkan sisa dana hibah yang dimiliki PRSI Inhil sebesar Rp. 23,5 Juta hingga hari ini masih dipegang oleh Ketua Umum PRSI Inhil, berinisial BI.

Diterangkannya, dana bantuan hibah sebesar Rp. 103,5 juta itu ditarik melalui kas PRSI Inhil pada Bank Riau Kepri Tembilahan pada 7 September 2017 yang lalu.

Setelah penarikan, dari total dana sebesar Rp. 103,5 Juta, Ketua Umum, BI menyerahkan sebesar Rp. 20 Juta kepada dirinya untuk melunasi sejumlah tagihan pembelian perlengkapan perlombaan bagi atlit dan ATK. Sisa dana sebesar Rp. 83,5 Juta tidak diserahkan kepada Bendahara tetapi dipegang sendiri oleh Ketua Umum.

Selanjutnya pada tanggal 15 September 2017, BI kembali menyerahkan dana sebesar Rp. 60 Juta yang diperuntukkan bagi pembayaran uang sewa kolam, biaya sekretariat dan uang konsumsi (makan minum atlit selama pelatihan. Red).

“Dana Rp. 60 juta itu-pun baru diberi setelah berulang-ulang kali dimintakan. Sedangkan sisa dana sebesar Rp. 23,5 juta sampai hari ini masih berada pada Ketua Umum. Makanya sejumlah kewajiban belum bisa kita berikan,” Urai Ari

Ditambahkan Ari, kejadian “memalukan” bagi PRSI Inhil ini juga sudah disampaikannya kepada KONI inhil melalui surat tertulis tertanggal 20 Desember 2017.

Ari juga mengaku sudah menyusun laporan SPJ dan sebelumnya sudah diserahkan ke KONI Inhil tetapi dikembalikan lagi karena memang belum dibubuhi tandatangan.

“Jangkan mau memintakan tandatangan Ketua, dihubungi saja tidak lagi pernah menanggapi. Tapi yang jelas semua ini sudah saya sampaikan kepada KONI Inhil melalui surat pemberitahuan secara tertulis.” Akhirinya.

Terkait hal ini, Ketua Umum PRSI Inhil, BI yang saat ini juga masih menjabat sebagai salah seorang Anggota DPRD Inhil berulang-ulang kali coba dimintakan komfirmasi “bungkam”./ dro

 

 

 

 

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s