Tajam, Dipercaya, Independent

Dipenuhi Tumpukan Sampah, Sungai Guntung Tampak Kumuh

KATEMAN (detikriau.org) – Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) “kumuh” dengan tumpukan sampah.

Pantauan awak media belum lama ini, disejumlah wilayah didalam kota Kecamatan di Inhil bagian utara itu ditemui serakan sampah, mulai ditepian jalan, parit, drainase dan sejmlah tempat lainnya.

Tumpukan sampah tersebut terdapat di lokasi dalam Parit 8, jalan Tanjung Rambie, jalan Tunas Harapan, sepanjang pasar Dam Sungai Guntung, jalan PLN, banyak Got tersumbat, jalan Hangtuah jalur 2, jalan Lingkar 1 parit 8 serta sejumlah titik lainnya.

“Harusnya pemerintah melakukan tindakan bagaimana sampah-sampah ini tidak numpuk berkelanjutan,” kata salah seorang masyarakat setempat, Ridwan.

Senada, seorang pemuda lainnya, Redho juga menyatakan hal yang serupa. Bahkan ia menyarankan agar sebaiknya pemerintah dapat menyediakan lokasi pembuangan sampah agar kota tidak terkesan kotor dan kumuh.

Sementara ini, sejauh pengetahuannya, kata Redho juga, ia sama sekali tidak pernah menemukan ada petugas pemungut sampah. Kalaupun ada hanya untuk di jalan Yos Sudarso sekitar Dam, dan itupun sampahnya hanya dibuang ke laut.

“Kami mengkritik, karena Sungai Guntung ini tempat kami tinggal. Kalau lah sampahnya berserakan begini, bagaimana masyarakatnya bisa nyaman,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Kateman, Kamrin saat dikonfirmasi mengakui kumuhnya Kecamatan yang dipimpinnya itu akibat tumpukan sampah. Semua itu menurut Kamren karena kurangnya lahan untuk dijadikan TPA.

“Kami sudah rapat dengan LPM dan secepatnya akan dicarikan lokasi,” kata Camat mengakhiri./Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s