Tajam, Dipercaya, Independent

Pemuda Muhammadiyah Inhil Taja MTQ Tingkat SD/MI

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Puluhan Murid tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat se-Kecamatan Tembilahan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ditaja oleh Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kegiatan yang digelar di aula Hotel Harmoni Indragiri dari tanggal 29 hingga 30 Desember 2017 ini, mengusung tema “Kita ciptakan peserta didik yang agamis menunu Kabupaten Inhil Layak Anak”.

Tampak hadir saat itu, Bupati Inhil diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda H Mohd Yasin Abdi, Perwakilan Disdik dan Kemenag, Ketua Dewan Pendidikan Inhil, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tembilahan beserta pengurus, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Inhil, Dewan Juri dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Zulfahrin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan minat baca dan pengamalan isi kandungan Al Qur’an sejak dini bagi anak-anak.

Selain itu, juga bertujuan mendukung Program Maghrib Mengaji yang telah dicanangkan oleh Pemkab Inhil dan mengisi liburan sekolah dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Ada 3 cabang yang diperlombakan, yakni Cabang Tilawah Qur’an putera dan puteri, tahfiz dan tahfizah, serta adzan dengan irama untuk putera. Sedangkan pesertanya murid SD/MI sederajat se-Kecamatan Tembilahan,” terangnya.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Inhil, M Faisal mengatakan, kegiatan ini adalah syiar Agama Islam dan silaturrahmi, serta wadah untuk menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam isi kandungan Al Qur’an, sebagai pedoman hidup bagi umat Islam.

“Ajang ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi peserta didik, harus menjadi semangat dan motovasi untuk mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Inhil, Ahmad Yani menyatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, apalagi ini merupakan kegiatan pertama yang digagas oleh Pemuda Muhammadiyah.

“Jangan seremonial belaka, tapi harus bisa membentuk karakter Islam kepada anak-anak kita dan menanamkannya sejak usia dini,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Inhil dalam sambutannya yang dibacakan Yasin Abdi berharap melalui kegiatan tersebut dapat menemukan serta menghasilkan qori dan qori’ah terbaik, untuk kemudian dibina dan dipersiapkan mengikuti MTQ di tingkat yang lebih tinggi.

“Mari kita persiapkan anak-anak kita sejak dini untuk gemar membaca, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an,” imbuhnya./Mirwan

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s