Tajam, Dipercaya, Independent

Kadisdukpencapil Inhil Minta Masyarakat Segera Urus e-KTP KK dan Akta Kelahiran

Kadisdukcapil Inhil Ahmad Ramani

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Ahmad Ramani meminta kepada seluruh elemen yang belum memiliki KTP Elektronik atau e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran diminta untuk segera diurus.

Desakkan itu diungkapkan berdasarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor: 470/2807/SJ tertanggal 15 Juni 2017 prihal percepatan perekaman KTP Elektronik dan Akta Kelahiran.

Sebab menurutnya, masyarakat Kabupaten Inhil tercatat masih banyak yang belum memiliki kartu-kartu penting itu, terutama e-KTP berkisar 20 ribuan jiwa yang belum merekam.

“Bagi masyarakat wajib memiliki KTP yang telah berumur 17 tahun atau sudah menikah belum pernah melakukan perekaman, untuk segera melakukan perekaman,” kata Ahmad Ramani, kemarin.

Tempat perekaman, lanjutnya, bisa dilakukan di kantor-kantor Camat dimana tempat tinggal atau berdomisili. Kemudian juga bisa dilakukan langsung di Kantor Disdukpencapil Inhil atau tempat yang telah ditunjuk dengan syarat membawa fotocopy KK.

Selanjutnya bagi warga yang anaknya berumur 0 sampai 18 tahun belum memiliki Akta Kelahiran, dimohon juga untuk segera melakukan pengurusan pembuatan Akta Kelahiran dengan melengkapi syarat-syarat diantaranya, surat kelahiran asli baik dari Dokter, Bidan, Lurah/Kepala Desa.

Selain syarat itu, juga diminta fotocopy e-KTP dan KK orang tua, fotocopy buku nikah atau Akta Perkawinan orang tua yang dilegalisir, fotocopy e-KTP saksi 2 orang dan fotocopy e-KTP pelapor, fotocopy Ijazah atau SK ataupun Paspor bagi yang memiliki dan terkahir surat keterangan kematian (A5) dari Lurah atau Kepala Desa.

Terakhir, bagi warga yang belum memiliki KK, diharapkan juga untuk segera mengurus dengan melengkapi syarat seperti, mengisi formulir F1.01 ditandatangani Kepala Desa atau Lurah, melampirkan buku nikah dan melampirkan fotocopy surat keterangan dari Dokter, Bidan atau surat Keterangan Kelahiran dari Kepala Desa atau Lurah.

“Kami sangat berharap partisipasi masyarakat untuk sadar bahwa KTP Elektronik, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap orang maupun keluarga. Untuk itu, segera diurus bagi yang belum memiliki,” imbuhnya./Mirwan

Iklan

Tagged as: , , , , , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s