Tajam, Dipercaya, Independent

6 Hari Pelaksanaan Operasi Zebra 2017, Polres Inhil Tilang 255 Pelanggar dan 62 Teguran

Tembilahan, detikriau.org – Hanya dalam hitungan 6 hari pelaksanaan Operasi Zebra Siak 2017, Polres Indragiri Hilir telah memberi sanksi tilang kepada sebanyak 255 pelanggar dan 62 lainnya mendapatkan teguran. Jumlah ini meningkat sebanyak 125% jika dibandingkan waktu pelaksanaan yang sama ditahun sebelumnya dengan hanya 97 lembar surat tilang dan 95 lembar teguran.

Menurut Kasat Lantas Polres Indragiri Hilir AKP Jusli, SH, selaku Kaset Ops Res Operasi Zebra Siak 2017 Polres Indragiri Hilir, sebanyak 242 pelanggaran dilakukan oleh pengendara sepeda motor, dan 13 pelanggaran oleh pengemudi kendaraan roda empat.

Lebih jauh AKP Jusli membeberkan bahwa pelanggaran yang banyak dilakukan adalah tidak memakai helm sebanyak 80 pelanggaran, surat – surat 70 pelanggaran, melawan arus 60 dan kelengkapan kendaraan 30 pelanggaran serta boncengan lebih dari 1 orang sebanyak 2 pelanggaran.

“Sedangkan untuk pengendara mobil, jenis pelanggarannya adalah surat – surat sebanyak 10 pelanggaran dan kelebihan muatan 3 pelanggaran.” Terang AKP Jusli

Menyikapi hal tersebut, Kasat menghimbau agar para pengendara untuk memeriksa dan melengkapi kendaraan, dengan surat – surat yang dibutuhkan.

Operasi Zebra Siak 2017 ini menurut Jusli tidak perlu ditakuti atau dihindari. Pengendara yang surat – surat dan kendaraannya lengkap, akan dipersilahkan melanjutkan perjalanan, setelah selesai diperiksa.

Untuk kembali mengingatkan, Operasi Zebra ini merupakan Operasi Cipta Kondisi dengan tujuan Menciptakan Kamseltibcar lantas menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menimalisir terjadinya kemacetan dan kesemrautan kota serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Operasi yang dimulai sejak tanggal 1 November dan berlangsung selama 14 hari ini mengedepankan fungsi lantas ini akan mengutamakan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, namun upaya – upaya preemtif dan preventif berupa himbauan dan sosialiasi juga terus digalakan./Am

Iklan

Tagged as: , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s